Dinsos Kabupaten Kediri Kirim 1,5 Kuintal Sambal Pecel ke Semeru

ADAKITANEWS, Kediri – Pemkab Kediri melalui Dinas Sosial Kabupaten Kediri bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengirimkan bantuan berupa satu setengah kuintal sambal pecel bagi para korban erupsi Gunung Semeru.

Sambal pecel sebanyak 1,5 kuintal tersebut rencananya akan dikirim hari ini, Rabu (08/12).

Sambal pecel yang menjadi makanan khas Kediri tersebut mereka racik sendiri. Sambal yang berbahan utama kacang tanah bercampur rempah-rempah itu dibuat secara gotong-royong oleh para anggota Tagana dan para relawan dalam kurun waktu satu malam.

Proses memasak dilakukan di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kediri. “Sambal pecel 1,5 kuintal dibuat sendiri teman-teman Tagana,” kata Slamet Turmudi.

Dipilihnya pembuatan sambal pecel itu, lanjut Slamet, berdasarkan jatah yang dibagi dari Dinsos Provinsi Jawa Timur. Diharapkan nantinya sambal pecel itu dapat bermanfaat karena tahan lama.

“Nantinya semua bantuan kita kirim ke posko pusat di Lumajang. Mereka yang mendistribusikan karena kita tidak tahu titik-titik mana yang kurang,” pungkasnya.

Sambal pecel itu juga dikemas dalam wadah plastik seukuran setengah kilogram. Dengan kemasan itu untuk memudahkan pendistribusiannya saat di lapangan. Nantinya sambal pecel akan dikirimkan ke dapur umum di wilayah Candipuro atau sisi sebelah barat Gunung Semeru.(*/kur)

Keterangan gambar: Para anggota Tagana dan relawan sedang memasak sambal pecel.(kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment