Dibangun Multiyears, Pembangunan Taman Candi Penataran Blitar Bakal Habiskan Rp 3,2 Miliar

ADAKITANEWS, Blitar – Prioritas pembangunan di Kabupaten Blitar masih seperti tahun sebelumnya, yakni pengembangan wisata. Termasuk wisata candi penataran juga masih menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Blitar tahun ini. Pengembangan wisata candi penataran nantinya berupa pembangunan taman.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar, Arinal Huda mengatakan, sesuai dengan perencanaan pembangunan taman candi penataran akan dilakukan secara multiyears, yakni mulai 2019 hingga 2020. Pembangunan taman nanti direncanakan bakal menyedot anggaran mencapai Rp 3,2 miliar.

“Pembangunannya kan dilakukan secara bertahap atau multiyears. Jadi untuk tahun ini sudah dialokasikan anggaran senilai Rp 1,4 miliar, sedangkan susanya di tahun 2020 nanti,” kata Arinal Huda, Rabu (20/02).

Nantinya, lanjut Huda, taman candi penataran akan dibangun mulai dari simpang tiga utara Candi Penataran menuju ke selatan hingga ke depan Candi Penataran, kemudian belok ketimur sampai di pintu selatan Candi Penataran, atau kurang lebih sepanjang 250 – 300 meter.

Menurutnya, saat ini proses pembangunan masih belum dilakukan, sebab masih dalam tahap perencanaan dan konsultasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan dan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyamakan persepsi soal pembangunan taman Candi Penataran.

“Nah, Jika nanti sudah ada kesepakatan maka proses lelang bisa dilakukan dan dilanjutkan dengan pembangunan,” tandasnya.

Huda berharap, dengan adanya taman yang akan dibangun tersebut, kedepan jumlah wisatawan yang datang ke Candi Penataran bisa meningkat. Sehingga otomatis menghasilkan PAD yang besar.(fat/wir)

Keterangan gambar: Arinal Huda, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment