Dianggarkan di PAK 2018, Kendaraan Damkar di Blitar Bakal Bertambah Satu Unit

ADAKITANEWS, Blitar – Kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Kabupaten Blitar saat ini berjumlah 2 unit. Namun yang bisa beroperasi, hanya satu unit lantaran mobil damkar lainnya dalam kondisi rusak pasca kecelakaan beberapa waktu lalu.

Mengingat kebutuhan mobil damkar di Kabupaten Blitar dinilai sangat mendesak, Pemerintah Kabupaten Blitar telah mengusulkan anggaran di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2018 ini untuk penambahan 1 unit mobil damkar.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto mengatakan, melalui Perubahan APBD atau PAK 2018 ini telah dianggarkan sekitar Rp 1 miliar. Anggaran itu nantinya digunakan untuk biaya perbaikan kendaraan damkar yang rusak serta untuk pengadaan satu unit mobil Damkar baru.

“Jadi pengadaan kendaraan damkar ini merupakan salah satu prioritas dalam anggaran di APBD Perubahan,” kata Suwito, Jumat (05/10).

Menurutnya, karena anggaran pada pengadaan satu unit damkar dan perbaikan satu unit damkar yang rusak bersumber dari PAK, maka akhir tahun ini satu unit kendaraan damkar yang baru harus sudah tiba di Kabupaten Blitar sebelum tahun berganti.

“Karena itu peruntukannya hanya untuk tahun 2018, sebagai laporan pertanggungjawaban, maka akhir tahun ini anggaran tersebut harus sudah bisa terserap,” pungkasnya.

Dengan adanya tambahan satu unit Damkar, lanjut Suwito, diharapkan bisa meningkatkan kinerja pegawai Damkar untuk bertugas memadamkan api ketika terjadi kebakaran. “Semoga dengan adanya tambahan ini bisa menunjang kinerja pemadam kebakaran,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kondisi 1 unit damkar di Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment