Dewan: Beri Efek Jera Pada Pembuang Sampah Sembarangan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sampah menjadi satu permasalahan yang tak kunjung selesai di Sidoarjo. Bahkan, sampah menjadi faktor utama penyebab banjir di Kota Delta. Hal tersebut membuat salah satu anggota Komisi C DPRD Sidoarjo, M Nizar angkat bicara. Ia bahkan dengan tegas meminta agar ada penegakan aturan bagi para pembuang sampah sembarangan

Dihubungi Tim Adakitanews.com melalui telepon selulernya, Nizar mengatakan permasalahan sampah adalah prolem bersama dan dibutuhkan kepedulian dan aksi nyata. Menurutnya, Dinas Kebersihan Dan Lingkungan Hidup (DKLH) Sidoarjo perlu terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar sampahnya dikelola dengan benar dan tidak dibuang di sungai.

“Optimalkan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) yang sudah dibangun. Selain itu libatkan peran serta masyarakat dan swasta untuk merawat sungai. Buat komitmen antar stakeholder,” jelasnya, Jumat (21/07).

Nizar juga menambahkan agar Dinas PUPR segera melakukan normalisasi sungai – sungai yang terjadi pendangkalan. “Setelah itu agar dipasang jaring-jaring sungai di wilayah perbatasan antar desa. Selain itu warga di desa-desa yang dilintasi sungai agar ikut serta menjaga kebersihan,” tegasnya.

Peran Camat, Kepala Desa, serta Ketua RT/RW diharapkan juga harus lebih aktif. Nizar mengatakan, perlu diperbanyak papan imbauan baik dari Pemda maupun dari masyarakat, agar semakin menumbuhkan rasa peduli terhadap kebersihan sungai. “Dan tidak kalah penting adalah penegakan hukumnya bagi pembuang sampah liar agar ada efek jera,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar : Kondisi sungai yang penuh sampah di kawasan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.(ist)

Related posts

Leave a Comment