Derasnya Arus Sungai Sebabkan Longsor di Desa Kademangan, Satu Rumah Dalam Kondisi Mengkhawatirkan

ADAKITANEWS, Jombang – Hujan yang mengguyur Kabupaten Jombang sejak Senin (27/11) sore hingga menjelang Selasa (28/11) pagi mengakibatkan longsor di salah satu wilayah di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Bahkan salah satu rumah warga nyaris tergerus ke bawah sungai.

Terjadinya longsor tersebut akibat derasnya aliran Sungai Pancir yang melintasi Dusun Kobondalem Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Khoirul, perangkat desa setempat mengatakan bahwa peristiwa terjadi pada pukul 21.00 WIB, bahkan longsor yang terjadi tersebut hampir memakan rumah yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Kejadiannya tadi malam, waktu itu hujan deras. Dan pada pukul 21.00 WIB tiba-tiba plengsengan sungai ambrol hingga sepanjang 8 meter dan hampir juga melongsorkan salah satu rumah warga yang bertempat di sebelah sungai,” ungkap Khoirul saat ditemui Tim Adakitanews.com, Selasa (28/11).

Sementara pemilik rumah, Slamet Romadlon mengatakan bahwa saat kejadian ia bersama keluarganya sedang tidur di dalam rumah. Tetangga yang mengetahui peristiwa tersebut segera berteriak memanggil pemilik rumah.

Melihat kejadian tersebut, sambung Slamet Romadlon, ia dan keluarganya segera keluar untuk menyelamatkan diri. “Waktu kejadian saya sedang tidur, dan terbangun saat dibangunkan oleh para tetangga,” jelasnya.

Ia juga menuturkan bahwa akibat dari derasnya aliran sungai tersebut mengakibatkan sebagian lahan samping rumah miliknya ikut tergerus dan longsor sepanjang 15 meter dan lebar 6 meter. “Ini ikut terkena longsor hingga 15 meter, dan sebagian ada yang retak,” ungkapnya sambil menunjukkan kondisi rumahnya yang rusak.

Meski kondisi rumah yang sangat mengkhawatirkan, Slamet Romadlon tetap enggan untuk meninggalkan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. “Sementara tetap di sini, ya meski mengkhawatirkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Kademangan, Hendro Wahyuadi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengkomunikasikan ke Pemerintah Kecamatan serta BPBD Kabupaten Jombang untuk penanganan. “Kami sudah komunikasi dengan pihak kecamatan dan aparat serta BPBD. Untuk sementara hari ini akan kita lakukan kerja bakti di wilayah sekitar longsor,” imbuhnya.

Sedangkan untuk jembatan yang berada di lokasi tersebut, Kades Kademangan mengatakan bahwa jembatan masih dalam kondisi aman dan tidak mengkhawatirkan. “Untuk jembatan sendiri masih aman. Tetapi untuk sementara waktu kendaraan roda empat tidak boleh melintas,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Kondisi bahu sungai yang longsor. (bawah) Slamet Romadlon saat menunjukkan kondisi rumahnya.(foto:adi rosul)

Related posts

Leave a Comment