Dapat DAK Miliaran Rupiah, Perpustakaan di Blitar Direhab

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) telah menggelontorkan anggaran mencapai miliaran rupiah untuk merehab gedung perpustakaan di Kota Blitar. Perpustakaan itu berada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar, Ronny Yoza Pasal Bessy mengatakan, dana itu akan digunakan untuk merehab gedung perpustakaan. Saat ini sudah memasuki tahap perencanaan. Setelah desain sudah disetujui Dinas Pekerjaan Umum (PU), diperkirakan bulan depan akan dilakukan lelang.

“Sekarang sudah proses perencanaan. Jadi kita prediksi setelah lebaran tahun ini atau sekitar akhir Juni 2019, pembangunan akan dimulai,” kata Ronny, Jumat (19/04).

Ronny menuturkan, anggaran itu hanya untuk merehab gedung saja. Sedangkan sarana dan prasarana, pihaknya berencana akan mengusulkan anggaran ke Pemerintah Daerah, baik melalui Perubahan APBD 2019, maupun APBD 2020.

“Kita pastinya membutuhkan sarpras isi perpustakaan. Makanya kita juga data apa saja keperluannya. Nanti kita akam usulkan anggaran itu ke Pemkot Blitar,” ujarnya.

Ronny menambahkan, dengan adanya gedung baru nanti, pihaknya juga berencana menambah waktu buka perpustakaan. Dimana saat ini hanya Senin – Jumat, nanti akan diusulkan Senin – Sabtu.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kondisi perpustakaan.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment