Dapat Anggaran Rp 1,8 Miliar, 9 Pasar Tradisional di Blitar Diperbaiki

ADAKITANEWS, Blitar – Usulan anggaran dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2018 untuk perbaikan pasar tradisional telah disetujui. Persetujuan itu setelah melalui pembahasan DPRD Kabupaten Blitar dan berdasarkan evaluasi Gubernur Jawa Timur.

Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susianto mengatakan, anggaran untuk perbaikan 9 pasar tradisional di Kabupaten Blitar pada PAK 2018 telah disetujui. Yakni Pasar Wlingi, Lodoyo, Kesamben, Srengat dan Doko.

“Alhamdulillah anggaran yang kita usulkan disetujui. Dengan disetujuinya anggaran ini, kita akan langsung memprosesnya sesuai mekanisme. Mengingat waktunya juga semakin mepet,” kata Puguh Imam Susianto, Senin (12/11).

Puguh menjelaskan, secara keseluruhan anggaran yang disetujui senilai Rp 1,8 miliar. Menurutnya, besaran pemberian bantuan kepada masing-masing pasar tradisional tidak sama. Karena besaran pemberian bantuan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Jadi tingkat kerusakannya kan tidak sama. Makanya yang diterima juga besar. Selain itu, kita juga sudah melakukan survei berdasarkan hasil pengajuan dari pengelola pasar,” jelasnya.

Puguh menambahkan, kerusakan yang dialami masing-masing pasar tidak terlalu parah. Rata-rata yang akan diperbaiki berupa atap dan lantai. Sehingga ia optimis, meski waktu yang tersisa kurang dari 2 bulan, perbaikannya bisa selesai tepat waktu.

“Kalau anggaran di PAK kan waktunya mepet, kurang 2 bulan. Tapi kita yakin pengerjaannya tidak molor karena saat ini sudah mulai diproses,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Satu diantara pasar tradisional di Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment