Calon PPK Dihadang 100 Soal, Berkaitan Dengan Pilkada

ADAKITANEWS, Kota Madiun – KPUD Kota Madiun melakukan tahapan untuk menentukan calon anggota PPK. Sebanyak 85 calon anggota PPK, melakukan ujian tes tulis di Ball Room I-Club, Jalan Bali Kota Madiun, Jumat (27/10).

Rochani, komisioner KPUD yang membidangi Divisi SDM menyatakan, seharusnya yang mengikuti tes tulis kali ini ada sebanyak 97. Namun pada saat tes, ternyata hanya dihadiri oleh 85 orang, dikarenakan ada 12 orang yang tidak hadir dan tanpa keterangan, sehingga otomatis gugur dalam tahapan ini.

Dari 97 peserta yang seharusnya ikut tes tulis, terdistribusi dari Kecamatan Taman sebanyak 35 orang dengan 3 orang yang tidak hadir, Kecamatan Manguharjo 23 orang dan tidak hadir sebanyak 3 orang, dan Kecamatan Kartoharjo ada 39 orang dan tidak hadir 6 orang.

“Nantinya dari masing – masing kecamatan akan diambil 10 besar terbaik, dan akan mengikuti tahapan lanjutan yaitu tes wawancara untuk menentukan 5 orang sebagai anggota PPK,” kata Rochani kepada Tim Adakitanews.com, Jumat (27/10).

Menurut Rochani, hasil tes tulis ini nantinya akan diumumkan pada Senin (30/10). Untuk menentukan komposisi anggota PPK, pihak KPUD Kota Madiun akan memperhatikan kepesertaan perempuan sebanyak 30 persen, atau minimal satu. “Jika melihat peserta ujian perempuan yang cukup banyak, kami optimis jika komposisi 30 persen perempuan bisa terpenuhi,” lanjut Rochani.

Data yang disampaikan oleh KPUD melalui Divisi SDM, diperoleh komposisi untuk peserta laki-laki sejumlah 47 dan perempuan sejumlah 38.

Sementara itu materi tes tertulis bagi calon anggota PPK, mereka diharuskan mengerjakan 100 soal pilihan ganda atau multiple choice dalam tempo 90 menit atau satu jam setengah.

“Soal tesnya lumayan sulit, semua berkaitan dengan pengetahuan kepemiluan, tapi saya optimis,” kata Surya Susdekawati, salah satu peserta tes tulis dari Kecamatan Taman, yang berharap nantinya bisa lolos sepuluh besardan menjadi anggota PPK.(bud)

Keterangan gambar : Suasana tes tulis calon anggota PPK.(foto : budiyanto)

Related posts

Leave a Comment