Bupati Tinjau Simulasi layanan Darurat Command Center

ADAKITANEWS, Nganjuk – Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat, S.Sos, M.M., menghadiri kegiatan “Simulasi Layanan Darurat Command Center” yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk di Gedung Command Center, Senin (16/12).

Simulasi Layanan Darurat Command Center tersebut melibatkan OPD terkait diantaranya Dinas Kesehatan, Satuan Pol PP (Damkar), Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, dan BPBD. Simulasi Layanan Darurat ini bertujuan untuk memantau kesiapan OPD terkait dalam menanggapi adanya panggilan darurat dari masyarakat melalui “Call Taker” Command Center.

Dalam simulasi, diadegankan kronologi kecelakaan lalu lintas sebuah mobil lantaran menghindari jalan berlubang, sehingga mobil oleng menabrak pohon sampai tumbang dan menimpa trafficlight. Kejadian itu pun mengakibatkan kebakaran dan korban jiwa. Dan di lokasi kejadian, juga ditemukan seorang pengemis yang sedang sakit.

Simulasi tersebut kemudian ditindak lanjuti sebagai laporan ke “Call Taker” Command Center yang terintegrasi dengan OPD terkait, sehingga layanan darurat dapat ditangani secara cepat dan bersinergi dengan pihak kepolisian.

Dalam arahannya Bupati menyarankan agar sinergritas antar OPD dalam pelaksanaan pelayanan darurat berjalan secara cepat dan tepat sasaran. “Perlu penambahan armada, CCTV dan mengganti jaringan radio menjadi F.O (Fiber Optik) dalam pelayanan darurat, sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara maksimal,“ ujar Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk.(*/kur)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat.(nganjukkab.go.id)

Related posts

Leave a Comment