Bupati Tantang Naikkan Konsumsi Ikan

ADAKITANEWS, Lamongan – Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan ditantang Bupati Fadeli untuk membuat inovasi meningkatkan konsumsi ikan. Itu disampaikannya saat Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, Selasa (25/11).

Tantangan itu menurut Fadeli, karena ikan memiliki banyak kandungan yang menyehatkan. Dan merupakan solusi masa depan terutama dalam mengatasi stunting. “Ikan merupakan makanan rendah lemak, tapi mengandung omega 3 serta tinggi protein untuk kualitas tumbuh kembang,” ungkapnya.

Saat ini, tingkat konsumsi ikan di Lamongan yang 48,27 kilogram perkapita memang sudah di atas nasional yang 47, 3 kilogram perkapita. Namun Fadeli berharap, angka itu bisa ditingkatkan sehingga bisa di atas angka Jawa Timur yang 50 kilogram perkapita.

Fadeli juga berharap agar peringatan Harkannas dilakukan di wilayah-wilayah yang tingkat konsumsi ikannya masih rendah.

Sementara Kepala Dinas Perikanan, MS Heruwidi menyebutkan, dia sudah memiliki sejumlah program prioritas pada 2020. Terutama untuk mendorong masyarakat agar gemar makan ikan. Mulai dari revitalisasi Balai Benih Ikan di Kalen untuk meningkatkan penyediaan benih ikan berkualitas dan meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor perikanan.

Kemudian peningkatan nilai tambah hasil perikanan, peningkatan produksi ikan, memproduksi garam beryodium dengan mendirikan pabrik, dan menebar benih ikan di sungai, waduk, dan rawa untuk meningkatkan konsumsi ikan, serta peningkatan sumber daya manusia kelompok pembudidaya dan pengolah ikan.(prap)

Keterangan gambar: Bupati Lamongan, Fadeli saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Ikan Nasional (ist)

Related posts

Leave a Comment