Bupati Resmikan Gedung Ponpes Lansia

ADAKITANEWS, Lamongan – Bupati Lamongan, H Fadeli didampingi Wabup, Kartika Haryanti meresmikan Gedung Pondok Pesantren Lansia Attaqwa di Jalan Jenderal Sudirman Lamongan, Selasa (26/03).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Lamongan. Ia berharap Pondok Lansia Attaqwa yang baru pertama kali ada di Kabupaten Lamongan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas, dan dibuka untuk umum, khususnya lansia dari keluarga kurang mampu.

Dalam sambutanya Bupati Lamongan, H Fadeli meminta agar Ponpes Lansia lebih fokus untuk memuliakan orang tua dengan mendekatkan pada kegiatan keagamaan. “Kami ingin, para lansia di Lamongan bisa menikmati hari tua dengan senang dan nyaman, sehingga para Lansia bisa beribadah dengan khusyuk dan selalu mendapatkan tambahan ilmu agama,” ujar Bupati Fadeli.

Menurut Bupati Lamongan, keberadaan pesantren lansia harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas, asal status keluarganya jelas dan tanggung jawab. “Tidak hanya pada urusan kebutuhan, papan, sandang dan pangan. Namun kebutuhan rohani juga menjadi perhatian serius,” tandasnya.

Sementara itu di tempat sama Ketua Pengurus Pondok Lansia Lamongan, H Agus Suyanto menjelaskan, Pondok Pesantren Lansia yang digagas bersama dengan KH Sutaman tersebut sebagai bukti perhatiannya pada lansia di Lamongan.

“Kita buka untuk umum, khususnya lansia dari keluarga kurang mampu dan ada perhatian dari keluarganya. Pembinaan tidak hanya fisik, tetapi pembinaan keagamaan menuju masa depan, khususnya tentang keakheratan sehingga bisa khusnul khotimah,” ujar Agus.

Agus menjelaskan bahwa kalau sudah berusia 55 sampai 60 tahun yang dibutuhkan orang tua yakni pelayanan pendidikan keagamaan dan mental spiritual. Pesantren lansia ini mencoba bagaimana mengajak orang tua khusnul khotimah. Selama ini, terkadang anak sudah merasa benar merawat orang tua dengan memenuhi kebutuhan jasmani.

“Namun orang tua tidak diberikan kesempatan untuk menghidupkan hatinya dengan kegiatan spiritual. Sehingga pesantren lansia ini menjadi solusi tepat untuk mendekatkan orang tua kepada Allah SWT,” ujarnya.

Diketahui, Pondok lansia ini terdiri dari 10 kamar, musala, aula dan setiap kamar ada dua tempat tidur dan kamar mandi dalam. “Sementara, pada angkatan pertama ini ada sebanyak 20 orang lansia yang didominasi laki-laki yang mengikuti pesantren dan berasal dari Lamongan sendiri,” pungkasnya.(ng1)

Keterangan gambar : Bupati Lamongan, Fadeli didampingi Wabup, Kartika Haryanti saat meresmikan Gedung Pondok Pesantren Lansia Attaqwa.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment