Buka Rute Baru, Dishub Tambah Armada Bus Sekolah Gratis

ADAKITANEWS, Tulungagung – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung akan segera menambah satu unit bus sekolah baru. Penambahan armada tersebut untuk mengisi rute yang selama ini belum diakses oleh bus sekolah yang ada.

“Pertimbangan penambahan bus sekolah ini dikarenakan untuk melayani rute baru. Dan angkutan bus ini sifatnya gratis untuk pelajar,” kata Kepala Dishub Tulungagung, Maryani, Kamis (01/11).

Rencana pengadaan bus yang akan mengisi rute Karangrejo–Cuiri–Jetakan-Tulungagung tersebut, sudah diusulkan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun 2018 ini.

“Sudah kita pesan lewat e-katalog. Pendanaannya masuk dalam PAK. Mudah-mudahan waktunya cukup, sehingga tahun depan bisa terealisasi,” imbuh Maryani.

Maryani menambahkan, angkutan siswa gratis tersebut selain untuk meringankan beban orang tua siswa, juga bertujuan menekan angka kecelakaan siswa. Saat ini jumlah armada bus sekolah gratis sudah tersedia sebanyak 8 unit, dengan rute yang berbeda. Selain bus sekolah, Dishub juga telah menjalin kemitraan dengan jumlah MPU dalam penyelenggaraan angkutan sekolah gratis. Jumlahnya mencapai 27 unit. Namun praktik di lapangan jumlah tersebut masih kurang.

Dengan armada bus dan MPU yang ada, lanjut Maryani, saat ini Dishub baru mampu memberikan pelayanan pada sekitar 1.200 siswa untuk transportasi gratis. “Kalau dibanding dengan jumlah pelajar, ya tidak seimbang. Tapi kita menyesuaikan anggaran yang ada,” ujarnya.

Dishub juga akan melakukan evaluasi terhadap kendaraan MPU yang selama ini digunakan untuk mengangkut siswa. Sebab tidak semua MPU dinyatakan layak.(bac)

Keterangan gambar : Bus sekolah di garasi kantor Dishub Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment