Buka Puasa Bersama Anak Yatim, Wabup: Jadilah Orang Baik dan Taat Beragama Demi Masa Depan

ADAKITANEWS, Lamongan – Wakil Bupati Lamongan, Drs Hj Kartika Hidayati MM, MHP, menggelar acara berbuka puasa bersama dengan anak-anak yatim-piatu dan pengurus Muslimat serta Fatayat se-Cabang Lamongan di kediamannya, Senin (27/05) sore.

Kartika Hidayanti mengatakan, anak-anak yatim piatu dari keluarga kurang mampu harus menuntaskan pendidikan atau sekolah demi masa depannya dan jangan sampai putus sekolah di tengah jalan.

“Bagi yang tidak mampu, Presiden sudah menyiapkan Kartu Indonesia Pintar atau KIP untuk bersekolah mulai Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Maka fasilitas ini harus dimanfaatkan bagi anak-anak yatim-piatu dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan pendidikan,” terangnya.

Dijelaskannya, di tahun 2019 ini pemerintah memberi falitas tersebut hingga pendidikan di perguruan tinggi atau sampai kuliah. Menurut Wabup yang juga merupakan Ketua Muslimat Cabang Lamongan itu, bila ada anak yatim atau piatu dari keluarga kurang mampu kesulitan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), diharap segera melapor ke ranting Muslimat atau Fatayat untuk ditindaklanjuti.

“Kita berharap pengurus ranting Muslimat atau Fatayat di masing-masing desa untuk mengawal anak-anak yatim piatu dari keluarga kurang mampu tersebut. Atau bisa melapor ke saya dan saya tindaklajuti melalui Pemkab,” paparnya.

Dikatakanya, pendidikan bagi anak yatim-piatu dari keluarga kurang mampu harus tuntas agar mereka memiliki massa depan yang cermerlang. “Mereka itu adalah bakal menjadi generasi penerus bangsa, makanya mereka harus cerdas,” ujarnya.

Selain itu, Kartika juga menegaskan, anak-anak yatim piatu dari keluarga kurang mampu harus juga sehat, dan pemerintah telah menyiapkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). “Selain harus bersekolah, yatim-piatu kurang mampu juga harus sehat dan itu telah ditanggung pemerintah melakui KIS,” terangnya.

Menjelang akhir acara, Kartika berpesan agar yatim-piatu bergaul dengan orang-orang saleh atau saleha agar menjadi orang yang baik dan taat beragama demi masa depanya.(ng1)

Keterangan gambar: Wabup Lamongan, Kartika Hidayanti saat memberikan tauziah di depan anak yatim piatu.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment