Buka Job Fair, Wawali: Manfaatkan Lowongan Pekerjaan Dengan Maksimal

ADAKITANEWS, Blitar – Pertengahan 2018 ini Pemerintah Kota Blitar kembali menggelar bursa kerja atau job fair di Gedung Graha Patria Jalan Cokroaminoto Kota Blitar selama dua hari, mulai Rabu (11/07) sampai Kamis (12/07). Kegiatan bursa kerja ini, dibuka langsung oleh Wakil Walikota Blitar, Santoso.

Dalam sambutannya, Santoso menuturkan bahwa job fair ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota Blitar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga secara otomatis akan menanggulangi kemiskinan di Kota Blitar. Ia pun berharap agar lowongan pekerjaan yang disediakan oleh 40 perusahaan baik lokal maupun luar Kota Blitar tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat.

“Bursa kerja ini sangat strategis dan penting, khususnya pada adik-adik yang belum dapat pekerjaan. Saya mengucapkan terima kasih kepada 40 perusahaan yang ikut berpartisipasi secara aktif pada bursa kerja ini dalam rangka membantu adik-adik mencari pekerjaan,” jelas Santoso.

Santoso menuturkan, jumlah pengangguran terbuka di Kota Blitar mencapai sekitar 2.300 orang. Sedangkan lowongan yang tersedia dari 40 perusahaan ada, sekitar 1.300 pekerjaan baik di bidang perbankan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Santoso berharap, tahun depan bisa dikembangkan lagi dalam artian perusahaan ditambah lagi. Semakin banyak perusahaan akan semakin banyak peluang mendapat pekerjaan. “Semoga saja kegiatan bursa kerja tahun berikutnya jumlah perusahaannya bisa bertambah, agar semakin banyak lowongan pekerjaan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar, Suharyono menerangkan, bursa kerja yang digelar selama 2 hari ini mulai dibuka pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Dari 40 perusahaan tersebut, terdiri atas 23 perusahaan lokal dan 17 perusahaan dari luar Kota Blitar.

“Kalau jumlah lowongan ada 1.327 meliputi bidang perbankan/ finansial sebanyak 594, industri 196, otomotif 280, perhotelan 87, jasa pendidikan hiburan 145, dan peternakan 24,” imbuhnya.(hms/fat/wir)

Keterangan gambar: Santoso, Wakil Walikota Blitar saat membuka kegiatan bursa kerja.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment