Berkonsep Smart Building, Gedung Mapolresta Sidoarjo Baru Dianggarkan Rp 31,5 M

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kepolisian Resort Kota Sidoarjo akan segera memiliki markas baru. Kantor baru ini, disebut-sebut merupakan Mapolresta atau kantor Polisi Resor Kota termegah se-Jawa Timur, dengan konsep Smart Building.

Peresmian pelaksanaan pembangunan d‎itandai dengan acara Ground Breaking atau peletakan batu pertama, oleh Asrena Polri, Irjen Pol Bambang Sunarwibowo, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Dyah Natalisa, Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan-RB, M Yusuf Ateh, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Selasa (08/05).

Di atas lahan seluas lima hektare yang berlokasi di Desa Cemengkalang Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo tersebut, nantinya pembangunannya akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan gedung kantor utama tiga lantai, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas), Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas), Provost, lapangan upacara, helipad dan gerbang masuk keluar.

“Desain kantor baru kami, berkonsep smart building. Semua pelayanan masyarakat saling tersinergi di satu tempat. Ini juga merupakan jawaban institusi kepolisian atas kemajuan zaman, khususnya di bidang teknologi. Kemajuan teknologi informasi harus direspon dengan inovasi peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,” papar Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Dikatakan Kapolresta, pembangunan tahap awal ini menggunakan dana hibah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo senilai Rp 31,5 miliar dan diharapkan selesai bulan Januari tahun depan. “Tahap pertama dibangun dengan tiga lantai, itu untuk pimpinan. Kemudian tahap kedua, tahap-tahap pendukung,” tambahnya.‎
‎‎
Dijelaskan, setelah tahap pertama rampung dilanjutkan dengan pembangunan tahap zona pendukung. Pada tahap ini dibangun gedung Intelkam, Sabhara, Reserse Narkoba, Reserse Kriminal, rumah tahanan, gudang senjata api dan amunisi, serta gedung lain. Bangunan tahap zona pendukung tersebut, mencapai 4.000 meter persegi, serta luas area 15 ribu meter persegi.

“Pada tahap ini juga akan ada anggaran hibah lagi dari Pemkab Sidoarjo yang nilainya sama dengan tahap satu yaitu Rp 31,5 miliar,” tambah Kombes Pol Himawan.‎

Area Mapolresta Sidoarjo baru ini nantinya juga akan dilengkapi barak personel pengendali massa (Dalmas), rumah tamu, rumah dinas pejabat polresta, asrama, pusat hiburan, pusat olahraga dan dojo, lapangan tembak, dan pusat jajan serba ada. Tak ketinggalan juga akan dibangun gedung serba guna, klinik kesehatan, masjid serta kolam.

Sedangkan untuk Mapolresta Sidoarjo yang lama di Jalan Kombes Pol M.Duryat Sidoarjo Kota, akan difungsikan sebagai pelayanan satu atap, yang mana merupakan tempat pelayanan satu pintu seperti pelayanan pelaporan, SKCK, pembuatan SIM dan SAMSAT.

“Mako lama akan kita fungsikan untuk pelayanan satu atap agar semua pelayanan terhadap masyarakat lebih nyaman, karena nantinya disitu akan lebih luas juga,” imbuhnya.‎

Sementara, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin mengutarakan, ‎pemberian dana hibah untuk pembangunan Mapolresta Sidoarjo tahap pertama di Cemengkalang ini, merupakan sinergi yang sangat baik oleh Polresta Sidoarjo, Forkopimda Sidoarjo, serta masyarakatnya‎.

“Dengan dibangunnya gedung baru yang megah ini, diharapkan nantinya bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Irjen Pol Machfud Arifin.‎(sid3)

Keterangan gambar : Peletakan Batu pertama oleh Asrena Polri, Irjen Pol Bambang Sunarwibowo, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, serta para undangan lainnya. (bawah) Miniatur desain Mapolresta yang baru.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment