Beringin Tumbang Tuntas Dievakuasi, BPBD Fokus Salurkan Bantuan

ADAKITANEWS, Kediri – Pohon beringin berdiameter lebih dari 1 meter yang tumbang di perempatan Jimbun Desa Ringinsari Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, akhirnya berhasil dibersihkan dari jalanan, Selasa (03/04).

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha Satria mengatakan, proses pembersihan sisa-sisa ranting pohon beringin di perempatan Jimbun telah selesai dan jalan kini sudah bisa dilalui kendaraan dengan aman. “Untuk jalan, tadi selesai sekitar jam 5 sore,” kata Randy saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com.

Pasca proses evakuasi pohon beringin yang sempat menutup total akses jalan Kediri-Blitar, BPBD mengaku selanjutnya pihaknya akan fokus di beberapa rumah warga yang rusak diterpa hujan dan angin kencang pada Minggu (01/04) dan Senin (02/04).

“Hasil assessment BPBD dari dampak hujan lebat disertai angin pada Minggu, 1 April 2018, ada 16 rumah rusak ringan, dan 15 rumah rusak sedang. Lokasinya di wilayah Kecamatan Kandangan 1 rumah, di Ngadiluwih 15 rumah, di Badas 15 rumah. Selanjutnya akan kami berikan bantuan rehab dan sesuai kebutuhan lain di lapangan,” tambahnya.

Diketahui sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan Kediri pada Minggu (01/04) dan Senin (02/04), menyebabkan beberapa kerusakan. Salah satunya sebuah pohon beringin tua berdiameter lebih dari 1 meter, yang tumbang lantaran tidak mampu menahan terpaan angin.

Meski tidak ada korban jiwa, arus lalu lintas dari Kediri menuju Blitar dan sebaliknya, terpaksa dialihkan lantaran pohon beringin tersebut tumbang dengan posisi melintang dan menutup jalan.(kur)

Keterangan gambar: Proses evakuasi pohon beringin yang berlangsung hingga Senin (02/04) malam.(ist)

Related posts

Leave a Comment