Belasan Rumah di Selopuro Blitar Rusak Diterjang Puting Beliung

ADAKITANEWS, Blitar – Kejadian angin puting beliung di Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar pada Jumat (01/03) sore kemarin mengakibatkan belasan rumah rusak tertimba pohon. Kerusakan rata-rata tergolong berat dan diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan mengatakan, secara keseluruhan di Kecamatan Selopuro ada 11 rumah terdampak bencana angin puting beliung. Dari jumlah itu, 9 diantaranya rusak berat dan 2 sisanya rusak sedang. Pihaknya sudah menyiapkan anggaran maksimal Rp 3 juta setiap rumah. Bantuan akan diberikan berupa material bangunan.

“Kita alokasikan bantuan anggaran untuk setiap rumah maksimal Rp 3 juta. Nantinya bantuan berupa material bangunan. Makanya ini kita sedang menginventarisasi rumah-rumah yang terkena angin puting beliung. Karena kan kerusakan setiap rumah berbeda,” kata Heru, Sabtu (02/03).

Heru menjelaskan, sejauh ini sudah ada sekitar 25 kejadian angin puting beliung. Meski demikian tidak semuanya berdampak pada kerusakan rumah, namun beberapa diantaranya mengakibatkan pohon tumbang di jalan yang membuat arus lalu lintas terganggu. Heru juga mengaku untuk tahun ini salah memprediksi atau memetakan darah rawan angin puting beliung.

“Jadi memang ada pergeseran, kalau tahun lalu kebanyakan puting beliung di sebelah barat, namun kali ini banyak malah di sebelah timur. Sehingga seperti Ponggok, Udanawu, Wonodadi tenang. Jadi kita memetakan sebelah barat, tapi yang banyak kejadian malah sebelah timur,” ujarnya.

Sementara itu, pemilik rumah terdampak angin puting beliung di Dusun Jajar Desa/ Kecamatan Selopuro, Umi Zulaikah, 44, berharap Pemerintah Daerah memberikan bantuan perbaikan rumahnya yang rusak akibat tertimpa pohon. Ia mengaku saat kejadian tidak berada di rumah karena sedang mengikuti pengajian.

“Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB. Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa, meski saat kejadian itu kakak saya sedang tertidur di rumah. Ini bagian depan tertimpa pohon kelapa,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kondisi rumah warga pasca terkena angin puting beliung.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment