Bantuan Tandon Terbatas, BPBD Blitar Bakal Data Wilayah Paling Terdampak Kekeringan

ADAKITANEWS, Blitar – Dalam waktu dekat warga Kabupaten Blitar yang berada di daerah terdampak kekeringan bakal memiliki tandon air untuk menampung air bersih, yang akan diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan mengatakan, dalam waktu dekat Pemkab Blitar akan memberikan bantuan sarpras air bersih berupa tandon air untuk menampung air bersih. Menurutnya, tandon air tersebut akan bermanfaat untuk menampung air bersih saat kekeringan melanda.

Heru menuturkan, tandon air tersebut merupakan salah satu bantuan yang dibutuhkan bagi warga yang terdampak kekeringan. Sebab, sampai sekarang masih ada beberapa desa yang belum memiliki tandon air untuk umum.

“Tentu dengan adanya bantuan itu, kita harapkan bisa membantu meringankan beban warga terkait dampak kekeringan,” kata Heru, Sabtu (15/09).

Hanya saja, lanjut Heru, saat ini pihaknya masih mendata daerah yang paling terdampak untuk mendapatkan bantuan tendon air. Sebab, jumlah tendon yang disediakan tidak banyak atau terbatas. Dengan demikian, akan dilakukan skala prioritas untuk menerima bantuan tersebut.

“Kami akan melakukan survei terlebih dulu untuk menentukan desa yang paling membutuhkan tandon air,” pungkasnya

Rencananya bantuan tersebut akan diberikan dalam waktu dekat agar tandon tersebut bisa digunakan dan bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. “Untuk tanggalnya masih belum pasti, yang jelas akan diberikan bulan ini,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangam gambar: Salah satu pegawai BPBD Kabupaten Blitar saat mengecek tandon yang akan diberikan.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment