Bantu Pemerintah Cegah Penularan Covid-19, LDII Bentuk Satgas

ADAKITANEWS, Kediri – Sebagai upaya membantu pemerintah dalam pencegahan Covid-19, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Kediri telah membentuk Satgas Covid-19.

Pembekalan Satgas dan warga LDII Kabupaten Kediri yang tersebar di 360 titik kumpul, dihadiri langsung oleh Bupati Kediri secara virtual, Sabtu (26/06). Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, perkembangan covid-19 di Kabupaten Kediri selama dua pekan ini terus melonjak. Rumah sakit yang diperuntukkan bagi pasien covid juga telah penuh.

“Saya harus ngomong apa adanya agar masyarakat waspada bahwa perkembangan covid-19 di Kabupaten Kediri selama dua pekan ini terus melonjak tajam. Penambahan bed pada rumah sakit bukan menjadi solusi oleh karena itu pemerintah daerah terus berupaya melakukan pencegahan dengan memberlakukan jam malam, sebab banyak dari pasien covid dari klaster cafe dan keluarga,” ujarnya.

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri mengaku kalau saat ini ada dua desa kemungkinan akan dilakukan mikro lockdown karena ada klaster virus dari Bangkalan.

“Saya berharap Kabupaten Kediri tidak terjadi kolaps. Sebab saat ini sudah ada beberap daerah yang mengalami hal tersebut,” imbuhnya.

Mas Dhito juga memberi kabar gembira kalau tenaga medis dan guru telah mendapatkan vaksin 100 persen dan serapan vaksin di kabupaten Kediri ini tiga terbaik di Provinsi Jawa Timur. “Saya mewanti-wanti agar terus mematuhi protokol kesehatan, dan berharap tahun 2022 herd immunity benar-benar terbentuk,” terangnya.

Sementara itu Dewan Penasihat LDII Kediri, Drs H Sunarto, M.Si, mengimbau kepada warga LDII agar menyambut baik pada kebijakan pemerintah terkait pencegahan covid-19.

“Sebagaimana petunjuk dari Wanhatpus, para ulama dan DPP LDII, karena bagi kita kesehatan lebih berharga daripada pangkat maupun kekayaan yang dimiliki,” kata Sunarto.

Ia juga menambahkan bahwa syarat kelancaran ibadah adalah sehat, maka perlu benar-benar mewujudkan kesehatan pada masing-masing warga LDII. Harapannya kepada Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri yang notabenenya adalah seorang dokter dapat menghimbau warga LDII agar betul-betul menerapkan protokol kesehatan.

Pembekalan satgas covid-19 dengan tema Upaya Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid 19 kali ini diisi oleh dr Agus Sukisno. Dalam pemaparannya, dr Agus menekankan agar masyarakat memperbanyak berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT, terus menerapkan Protokol Kesehatan 5 M, menjalani vaksinasi covid 19, menjaga daya tahan atau imun dengan cara makan minum yang cukup, istirahat cukup atau tidur yang berkualitas, hindari stres pikiran dan fisik atau badan, dan berjemur.

Bagi warga LDII yang terkena covid, dr Agus meminta agar bersikap tenang, tidak usah panik, dan selalu memperhatikan gejala yang muncul. Segera atasi sendiri atau pergi ke dokter atau petugas kesehatan serta meminta bantuan satgas covid.

“Apapun yang terjadi selama maksimal 14 hari kok bisa bertahan baik dengan gejala atau tidak maka virus covid akan hilang sendiri. Di tubuh kita sudah muncul antibody terhadap virus itu sendiri,” tambahnya.(*/kur)


Keterangan gambar: Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan dr Agus Sukisno saat menghadiri acara pembekalan Satgas Covid-19 LDII secara virtual.(ist)

Related posts

Leave a Comment