Banjir di Jalan Raya Porong, Picu Penumpukan Kendaraan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – ‎Jalan Raya Porong dari arah Sidoarjo menuju Malang kembali tergenang air. Petugas dari Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) menilai, genangan tersebut akibat hujan deras yang sejak Kamis (19/04) kemarin mengguyur wilayah Porong dan sekitarnya.‎

Tak hanya akibat hujan deras, warga di sekitar lokasi pun menduga banjir juga disebabkan adanya pipa PDAM yang patah akibat beban berat tonase kendaraan yang melintas di jalan tersebut.‎

Dari pantauan di lapangan pada Jumat (20/04), ketinggian air saat ini ‎mencapai sekitar 20 hingga 30 sentimeter.‎ Akibatnya, seluruh kendaraan terpaksa mengurangi kecepatannya sehingga terjadi penumpukan di Jalan Raya Porong, khususnya kendaraan yang menuju arah Malang. Beberapa sepeda motor juga terllihat mengalami mogok akibat genangan air.

Toni, 35, salah satu pengguna jalan asal Pasuruan mengatakan, biasanya sepulang kerja dari Surabaya ke Pasuruan ia hanya menempuh waktu sekitar 1,5 jam. Namun jika Jalan Raya Porong sedang banjir, waktu tempuh menjadi lebih lambat hingga mencapai 3 jam.

“Mogok kena air saat lewat tadi. Kalau kayak gini jadi molor waktu saya pulang. Biasanya dari Surabaya satu setengah jam. Kalau pas banjir begini menjadi 2 jam lebih,” keluhnya kepada Tim Adakitanews.com di lokasi.

Sementara itu menurut salah satu warga, H Samsul, genangan yang terjadi sejak dua hari lalu itu diduga dari air PDAM yang bocor. Dia juga mengatakan, banjir di Jalan Raya Polrong kali ini terbilang tidak biasa jika hanya dikarenakan hujan.

“Genangan di Jalan Raya Porong terjadi sejak kemarin. Memang kemarin sempat hujan deras walaupun cuma sebentar. Kemarin hari Kamis, juga ada dua mobil rombongan dari petugas PDAM ke sini mencari titik pipa yang bocor namun belum ketemu,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Balai Besar dan Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo untuk menangani genangan di Jalan Raya Porong yang mengganggu pengguna jalan.

“Kita sudah memerintahkan beberapa anggota untuk sering melakukan patroli di kawasan Jalan Raya Porong agar semua kejadian segera termonitor,” ujarnya.(sid3)

Keterangan gambar : Kondisi Jalan Raya Porong arah Surabaya – Malang yang tergenang air.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment