Banjir Bandang, Satu Rumah Roboh Dua Rusak

ADAKITANEWS, Nganjuk – Hujan deras selama empat jam yang mengguyur wilayah lereng Gunung Wilis atau tepatnya di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Senin (4/3) malam, membawa bencana. Satu rumah roboh, dua rumah rusak pada bagian dinding belakang, dan tiga titik tanggul irigasi jebol. Bahkan, banjir bandang juga sempat menerjang permukiman warga.

Kasubbag Humas Polres Nganjuk, AKP Moh Sudarman, mengatakan petugas gabungan bersama warga setempat bahu membahu melakukan penanganan terhadap 3 tanggul irigasi yang jebol.

“Tanggul tersebut memiliki ukuran lebar 5 meter, 6 meter, dan 4 meter, yang terletak di belakang rumah Nanik, 45, Samsonah, 40, dan Andri, 40. Bangunan rumah milik beberapa warga itupun terdampak, sehingga roboh dan mengalami kerusakan pada beberapa sisi,” ujarnya.

Berdasarkan pendataan kerugian yang ditimbulkan akibat banjir bandang kali ini mencapai puluhan juta rupiah. Beruntung tidak sampai jatuh korban jiwa pada peristiwa alam ini. “Seluruh petugas gabungan diterjunkan untuk membantu melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir bandang,” jelasnya.

Dikatakan, banjir bandang kali ini termasuk kejadian yang tergolong besar. Arus air yang menerjang pemukiman warga juga begitu kuat dan deras. Petugas gabungan bahu membahu melakukan proses evakuasi. Petugas juga mengimbau kepada warga untuk tetap waspada hingga dipastikan air betul-betul surut.

“Peristiwa alam seperti ini patut untuk diwaspadai, apalagi mengingat selama beberapa hari ini hujan masih terus mengguyur. Sehingga, tidak menutup kemungkinan peristiwa serupa kembali terjadi, ” terangnya.(ng1)

Keterangan gambar: Petugas saat memantau dampak banjir bandang.(ist)

Related posts

Leave a Comment