Awal Tahun 2018, Pembagian Rastra di Blitar Gratis

ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah serius mengupayakan agar pelaksanaan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dan Program Beras Sejahtera (Rastra) Tahun 2018 dapat tersalurkan tepat sasaran. Program Bansos Rastra ini, bahkan direncanakan akan dirupakan non tunai sehingga ada perubahan.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Blitar, Tuti Komaryati mengatakan, sesuai dengan program dari Presiden bahwa program rastra ada perubahan, yakni masyarakat akan menggunakan kartu dengan data nama dan alamat.

“Untuk mempersiapkan perubahan ini tidak serta merta bisa dilakukan. Jadi di bulan Januari dan Februari ini tidak ada lagi program rastra dengan biaya tebus atau gratis, tetapi ada bantuan sosial pangan. Setiap keluarga akan mendapatkan 10 kilogram dan gratis tidak perlu menebus,” kata Tuti, Rabu (31/01).

Tuti menjelaskan, bantuan beras sebelumnya dengan berat 15 kilogram dengan menebus per kilogramnya Rp 1.600. Jika ini sudah berjalan, baru menggunakan kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan setiap kartu ada nilai rupiahnya sebesar Rp 110 ribu.

“Nah kartu dengan nilai uang Rp 110 ribu itu bisa digunakan untuk menebus beras dan telur di warung-warung yang sudah ditentukan. Kalau penanganan masalah BPNT ini tentu leading sektornya ada di Dinas Sosial. Namun secara teknis, masyarakat bisa mengambil BPNT ini tidak tiap bulan, tetapi 2 atau 3 bulan sekali bisa diambil dan nilainya akan diakumulasikan berapa bulan tidak diambil,” jelasnya.

Tuti menambahkan, untuk tahun 2017 lalu semua bantuan rastra sudah tersalur dan tidak ada tunggakan. “Alhamdulillah tahun lalu semuanya sudah tersalurkan,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Tuti Komaryati,Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment