Asman Toga Duplikasi Road Map LGC, Bupati Berharap Kelompok Asman Tumbuh Hingga ke Desa

ADAKITANEWS, Lamongan – Program Lamongan Green and Clean (LGC) sukses diterapkan hingga ke tingkat desa. Road map LGC ini akan diterapkan Bupati Fadeli untuk mensukseskan Program Asuhan Mandiri (Asman) melalui Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga). Hal itu dikatakannya saat menerima Tim Penilai Kelompok (Asman) Melalui Pemanfaatan Toga di Guest House Pemkab Lamongan, Kamis (08/08).

Bupati melihat implementasi penggunaan pengobatan tradisional dan toga akan sangat membantu masyarakat, sehingga tidak selalu bergantung dengan obat kimia untuk gangguan kesehatan ringan.

Dia berharap Kelompok Asman tidak hanya ada di Puskesmas saja, namun tumbuh di seluruh desa di Kabupaten Lamongan. “Saya berharap kelompok Asman Toga ada di seluruh desa, tidak hanya di Puskesmas saja. Kedepannya bisa mencontoh LGC yang penilaian lombanya dilakukan sepanjang tahun,” harapnya.

Sementara itu Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dian Islami selaku ketua rombongan mengatakan, tujuannya ke Lamongan adalah dalam rangka mengevaluasi secara langsung juara kelompok Asman Toga dan Akupresur Desa Canditunggal Kecamatan Kalitengah.

“Lamongan patut bangga karena tidak banyak kabupaten dan kota yang maju ke tingkat provinsi. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Dia mengatakan program yang diimplementasikan melalui pendekatan keluarga ini diharapkan dapat mendorong penggunaan tanaman sebagai pengobatan penyakit ringan yang diderita oleh anggota keluarga.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Tufik Hidayat menuturkan, pemanfaatan toga tidak hanya untuk kesehatan tapi juga ekonomi. Dinkes dalam pembinaan standarisasi jamu hasil pengolahan Toga saat ini sudah bekerjasama dengan Universitas Airlangga.

“Seluruh OPD juga banyak memberikan dukungan, seperti dalam hal perizinan, pengemasan bahkan penjualannya secara langsung,” pungkasnya.(prap)

Keterangan gambar: Bupati Lamongan, Fadeli saat menerima Tim Penilai Kelompok (Asman) Melalui Pemanfaatan Toga.(ist)

Related posts

Leave a Comment