Antisipsi WNA Masuk DPT, Dispendukcapil Kota Blitar Mulai Kroscek

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Setelah adanya informasi ditemukannya Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar mulai mengecek data-data warga negara asing yang tinggal di Kota Blitar.

“Kita sudah menerima surat edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar untuk menindaklanjuti WNA yang masuk DPT. Disitu kita diminta untuk membantu mengkroscek data WNA di Kota Blitar,” kata Edy Mulyono, Plt Kepala Dispendukcapil Kota Blitar, Kamis (07/03).

Menurutnya, seluruh daerah juga melakukan hal yang sama, yakni mengkroscek data WNA yang tinggal di daerahnya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi WNA masuk ke DPT Pemilu 2019.

“Selain KPU, ada juga Bawaslu yang bersurat ke kami tentang data WNA itu. Kami sudah serahkan datanya. Masalah itu nanti masuk DPT atau tidak, itu KPU yang nanti menjawab,” ungkapnya.

Berdasarkan data Dispendukcapil Kota Blitar, lanjut Edy, untuk WNA yang saat ini tinggal di Kota Blitar tercatat ada enam orang. Keenam WNA itu sudah memiliki Keterangan Izin Tinggal Sementara (KITAS). Dengan adanya KITAS itu maka sesuai aturan Dispendukcapil harus memfasilitasi WNA tersebut dengan memberikan bukti identitas khusus. Wujudnya adalah Surat Keterangan Tempat Tinggal Sementara (SKTTS).

“SKTTS ini bentuknya seperti kertas biasa berwarna. Itu kami buatkan untuk WNA. Jadi, bukan e-KTP,” pungkasnya.

Sesuai database itu, SKTTS berisi data nama WNA, asal negara, dan tempat tinggalnya. SKTTS itu hanya untuk tanda identitas orang yang diberikan Dispendukcapil untuk mengakomodir WNA yang ingin tinggal di daerah.

“Jadi kami hanya memiliki kewenangan sampai di penerbitan SKTTS. Apakah itu masuk DPT atau tidak, kami tidak tahu. Yang tahu itu KPU,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan Anggaran dan Data, Choirul Umam mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengecekan terkait adanya temuan WNA masuk DPT. KPU telah berkoordinasi dengan Dispendukcapil untuk mengkroscek WNA yang tinggal di Kota Blitar. “Benar, ini sedang kami cek,” terangnya.

Untuk diketahui, temuan WNA masuk DPT itu terjadi di daerah Cianjur Jawa Barat beberapa waktu lalu. Dua WNA asal Jerman dan Swiss tersebut masuk dalam DPT Pemilu 2019 setelah KPU melakukan verifikasi data pemilih. Temuan itupun langsung ditindaklanjuti oleh Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu).(fat/wir)

Keterangan gambar: Edy Mulyono, Plt Dispendukcapil Kota Blitar.(dok. Tim Adakitanews)

Related posts

Leave a Comment