Antisipasi Penyelewengan Dana Kapitasi, Pjs Bupati Jombang Terapkan BLUD

ADAKITANEWS, Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang mulai melakukan pembenahan pada sistem pemerintahannya, khususnya untuk pengelolaan dana kapitasi kesehatan.

Ditemui Tim Adakitanews.com di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis (08/03), Pjs Bupati Jombang, Setiajit SH MM mengatakan bahwa Pemkab Jombang akan membuat Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada 20 puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap.

Rencana diberlakukannya BLUD ini, kata Setiajit, akan dimulai pada 1 April 2018 mendatang. “Sekarang sudah dilakukan pengkajian untuk Badan Layanan Umum Daerah,” ungkap Setiajit.

Dibuatnya BLUD oleh Pemkab Jombang ini, menurut Setiajit, merupakan upaya pemerintah untuk menghindari adanya penyalahgunaan dana kapitasi kesehatan yang ada di Kabupaten Jombang.

Salah satunya seperti diketahui beberapa waktu lalu, terkait dana kapitasi tersebut telah menyeret nama Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Inna Silestyowati dan Bupati Jombang non aktif, Nyono Suharli Wihandoko yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi oleh KPK.

“Kalau BLUD, penerimaan dan pengelolaan dilakukan langsung oleh puskesmas. Jadi lebih aman, lebih mudah dan lebih tepat. Upaya sekarang yang harus kita lakukan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Pjs Bupati Jombang.

Setiajit juga memastikan bahwa kedepan tidak akan ada lagi penyalahgunaan dana kapitasi yang diselewengkan. “Jadi mengenai kapitasi kan sudah ada peraturan perundangan yang ada. Kita sudah melakukan sesuai peraturan perundangan, kalau memang perlu disetorkan ya disetor sepenuhnya. Jadi tidak ada misalnya uang kapitasi yang digunakan untuk kepentingan pribadi atau digunakan untuk kepentingan lain yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan,” tandasnya.

Sementara saat disinggung mengenai dana kapitasi di Jombang, Setiajit tidak memberikan penjelasan secara terperinci. “Tergantung pasien kan. Untuk 2018 ini masih kita hitung,” pungkas Setiajit.(ar)

Keterangan gambar: Pjs Bupati Jombang, Setiajit SH MM.(foto:adi rosul)

Related posts

Leave a Comment