Anggota Komisi IX DPR RI, Beri Perhatian Khusus Program KB

ADAKITANEWS, Tulungagung – Tujuan program Keluarga Berencana (KB) tidak hanya sebatas pengaturan kelahiran saja, seperti yang dipahami sebagian masyarakat selama ini. Namun program tersebut lebih pada upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat.

Upaya tersebut bisa melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Hal inilah yang menjadi perhatian khusus oleh Anggota komisi IX DPR RI, Budi Yuwono, saat menghadiri acara sosialisasi dan pengembangan program lini lapangan Kampung KB di Desa Karangsono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, Kamis (06/09).

“Karena itu Program KB adalah bagian yang terpadu dalam program pembangunan nasional dan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan,” kata Anggota komisi IX DPR RI Budi Yuwono.

Kesejahteraan itu meliputi kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya penduduk Indonesia, dengan tujuan yang lebih luas agar dapat dicapai keseimbangan yang baik dengan kemampuan produksi nasional.

Lanjut Budi Yuwono saat dialog bersama jaringan pendamping, relawan dan warga Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, sebagai anggota DPR RI pihaknya akan terus mendorong menuju kearah itu. “Akan kita dorong terus, dengan cara melibatkan pihak-pihak lain. Jadi tidak hanya BKKBN saja, tapi harus ada keterlibatan instansi lain agar pertumbuhan laju penduduk yang masih tinggi ini dibarengi dengan perluasan lapangan kerja di semua sektor,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Advokasi Penggerakan Informasi BKKBN Provinsi Jatim, Ernawati yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, berharap program kampung KB di daerah-daerah terus mendapat dukungan pemerintah, khususnya dari legislatif.

“Kita berharap program kampung KB yang kini telah berjalan baik di Tulungagung bersama daerah lain, mendapat dukungan pemerintah pusat, khususnya DPR RI,” harap Ernawati.(bac)

Keterangan gambar : Budi Yuwono, Anggota komisi IX DPR RI (berbaju putih) saat hadir di Kampung KB Desa Karangsono.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment