Ajak Masyarakat Gunakan Medsos untuk Tingkatkan Perekonomian, Sekaligus Galang Donasi ke Palestina

ADAKITANEWS, Kediri – Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di era digital dan wujud kepedulian terhadap warga Palestina, pebisnis muda Kediri mengelar festival UKM dan penggalangan donasi.

Pantauan di lokasi, terlihat puluhan pemuda mengikuti seminar dengan tema “Strategi Bisnis Go Digital” selama 2 hari yakni 5-6 November 2023 di salah satu Mall di Jalan Panglima Sudirman, Ringin Anom, Kecamatan Kota Kediri.

Narasumber yang hadir di antaranya berasal dari komunitas Tangan Di Atas (TDA) Kediri yakni Achmad Akmal D selaku pemilik usaha kuliner yam yam, Adam Muhammad selaku pemilik usaha ourweb.id dan pengusaha sekaligus motivator Munjidul Ibad selaku Direktur Berkah Media Nusantara.

“Pesertanya sebanyak 50 orang, 10 di antaranya berasal dari Kecamatan Kertosono Nganjuk Jawa Timur,” ucap Panitia pelaksana acara, Dwika R Santoso, Minggu (5/10/2023).

Dwika mengatakan, target kegiatan seminar strategi bisnis ke arah digital adalah bagi pelaku usaha maupun yang belum memiliki usaha.

Peserta terlihat antusias mendengarkan pemaparan dari narasumber tentang strategi mereka membangun usaha.

Pria yang juga memiliki usaha even organizer ini mengutarakan, selain seminar bisnis, kegiatan kali ini juga melakukan penggalangan donasi untuk warga Palestina bekerja sama dengan salah satu lembaga infaq sebagai wujud rasa kepedulian dan keprihatinan.

“Kita bekerja sama dengan LMI menggalang dana untuk bantuan ke Palestina,” paparnya.

Sementara itu, Ketua TDA Kediri Achmad Fikri, mengatakan, ia menyambut baik kolaborasi antara pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bersama komunitas TDA.

Kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat untuk melakukan aktivitas berjualan di sosial media.

“Jadi jangan sampai kita sudah punya usaha secara offline atau langsung, tapi tidak memanfaatkan peluang di medsos untuk berjualan,” ucapnya.

Menurut Fikri, masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang aktif dalam jejaring sosial namun belum dimanfaatkan dengan cara yang ramah bisnis.

Padahal, salah satu peluang besarnya adalah dengan melakukan kegiatan pemasaran bisnis di medsos.

“Tadi untuk tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan oleh peserta, tadi sudah dijelaskan oleh narasumber terutama Mas Ibad yang begitu luar biasa memberikan penjelasan dan motivasi kepada peserta yakni tentang magnet rezeki,” terang pengusaha muda Kediri yang merintis usahanya sejak usia 15 tahun.

Lebih lanjut Fikri menambahkan, agar kegiatan seminar dan motivasi atau edukasi kepada pelaku UMKM dapat gencar dilakukan oleh segenap pihak. Hal ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat khususnya kepada anak muda.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan, karena anak muda sangat memerlukan wawasan usaha terlebih ke arah digital, karena zaman selalu berubah, begitu juga dengan tren marketing saat ini,” pungkasnya.(yan/kur)

Related posts

Leave a Comment