80 Ribu Induk Sapi di Blitar Ditarget Bisa Kawin Suntik

ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) terus mendorong peningkatan populasi ternak sapi di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan swasembada daging nasional dan pemenuhan kebutuhan daging dalam negeri.

Pemerintah Kabupaten Blitar juga telah melakukan berbagai langkah sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat untuk mewujudkan swasembada daging tersebut. Satu diantaranya melalui Program Upaya Khusus Sapi/Kerbau Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Adi Andaka mengatakan, melalui program Upsus Siwab, tahun ini pihaknya menargetkan ada 80 ribu ekor sapi betina yang dikawin suntik. Berdasarkan pantauannya, hingga saat ini sudah berhasil melakukan kawin suntik sapi sekitar 20 ekor.

“Program ini ditujukan ke seluruh peternak yang ada di Kabupaten Blitar. Kita pastikan program ini tanpa dipungut biaya, sehingga secara bertahap petugas mendatangi satu per satu peternak sapi betina yang ada di Kabupaten Blitar,” kata Adi, Sabtu (27/04).

Adi menambahkan, meski target yang ditentukan cukup besar, namun pihaknya meyakini target ini bisa terpenuhi selama tahun 2019. Karena sampai saat ini petugas dari Pemkab Blitar juga terus melakukan kawin suntik sapi secara intensif.(fat/wir)

Keterangan gambar: Adi Andaka, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment