700 Ribu Santri Diprediksi Hadiri HSN di GOR Sidoarjo

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN), sekitar 2.000 kader Ansor dan Banser Kabupaten Sidoarjo berkumpul di lapangan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (14/10) pagi.

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Ahmad Syaifuddin tersebut merupakan apel kesiagaan pengamanan menjelang hari H peringatan HSN, yang rencananya akan digelar di Stadion GOR Sidoarjo pada 21 Oktober 2018 mendatang.

Dalam sambutannya Wabup yang akrab disapa Cak Nur itu berpesan, sebagai warga negara yang baik, masyarakat harus bisa menjaga kerukunan dengan sesama umat beragama. Terutama bagi para Banser, Polri dan TNI, semuanya diharapkan bisa menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik.

“Jadi Banser harus tahu tugasnya. Pegawai Pemkab harus tahu tugas peran dalam menjaga keamanan. Begitu juga dari TNI dan Polri bertugas menjaga keamanan. Dengan begitu, InsyaAllah Sidoarjo akan aman dan bisa membangun dengan baik. Dan juga semoga Ansor dan Banser Sidoarjo ini dapat menjaga keutuhan NKRI dan mensukseskan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2018 ini,” tutur Cak Nur dalam pidatonya.

Cak Nur juga mengatakan, salah satu faktor Kota Sidoarjo ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Santri Nasional adalah dari segi keamanan yang sudah dipercaya. Dan tahun ini, merupakan yang kedua peringatan HSN digelar di Kabupaten Sidoarjo. “Maka dari itu warga Sidoarjo harus menjaga kondusifitas keamanan dengan bersama-sama menjaganya. Sebagai warga Sidoarjo kita harus bangga, menjadi tuan rumah peringatan Hari Santri Nasional seperti ini,” kata Cak Nur.

Peringatan Hari Santri Nasional 2018 di Sidoarjo tersebut, rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Tak hanya itu, peserta HSN yang datang diperkirakan juga bakal lebih banyak. “Kalau tahun kemarin 300 ribu santri, HSN kali ini antara 500 ribu sampai 700 ribu santri akan berkumpul di Stadion Gelora Delta Sidoarjo ini,” tukasnya.

Sekadar diketahui, usai melakukan apel kesiagaan, agenda dilanjutkan dengan pelepasan napak tilas perjuangan ulama Nahdlatul Ulama oleh Wabup Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo dan Ketua GP Ansor Sidoarjo.

Dalam kesempatan itu, juga diumumkan pengangkatan H Nur Ahmad Saifuddin dan Kombespol Himawan Bayu Aji sebagai warga kehormatan Banser, yang ditandai dengan memakai seragam kebesaran Ansor dan Banser oleh kedua petinggi di Kabupaten Sidoarjo.(sid3)

Keterangan gambar : Apel kesiagaan pengamanan peringatan Hari Santri Nasional di GOR Sidoarjo.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment