45 Tenaga Harian Lepas Kementan, Tak Lolos Seleksi PNS

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 65 orang Penyuluh Pertanian yang berasal dari Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian oleh Kementerian Pertanian di Kabupaten Blitar, mengikuti seleksi PNS. Mereka telah melakukan pengabdian cukup lama, yakni sekitar 9 hingga 11 tahun.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, setelah melalui seleksi akhirnya 20 orang resmi diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Pemerintah Kabupaten Blitar, Kamis (12/07). Pelantikan tersebut, dilaksanakan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro Blitar.

Bupati mengatakan, sumpah atau janji yang telah diikrarkan oleh para PNS, diharapkan dapat dilaksanakan sehingga dapat memantapkan pengabdian saat menjalankan tugas sehari-hari dalam mengemban fungsi dan peranan masyarakat khususnya sebagai penyuluh pertanian.

Selain itu, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS sebagai prinsip dasar dalam bekerja selaku PNS adalah menjadi tantangan baru untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas. “Untuk itu saya mengingatkan jangan pernah bermimpi bahwa kerja itu hanya enaknya saja, karena semua tugas akan terukur dan harus dipertanggungjawabkan secara akuntabel,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga berharap, 20 orang yang telah resmi mendapat SK pengangkatan PNS tetap bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. Selain itu ia juga meminta agar mereka meningkatkan kinerjanya setelah diangkat menjadi PNS. “Mereka harus lebih semangat dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKD SDM) Kabupaten Blitar, Mashudi menyampaikan, bagi ke-20 tenaga harian lepas Kementerian Pertanian yang sudah resmi dilantik menjadi Pegawai Negeri Sipil akan ditempatkan di kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Selain itu bagi 45 orang tenaga harian lepas yang tidak lulus ujian, dipastikan status dan pekerjaannya tetap.

“20 orang yang sudah dilantik akan ditempatkan di kecamatan-kecamatan sesuai kebutuhan Dinas. Kita juga memastikan, bagi yang tidak lulus ujian PNS akan tetap bekerja seperti biasanya,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana pengambilan sumpah 20 THL-TB.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment