4 Ribu Hektare Bantuan Benih Padi Non Hibrida Belum Diterima Petani

ADAKITANEWS, Blitar – Tahun ini kelompok tani asal Kabupaten Blitar dipastikan akan kembali mendapat bantuan benih non hibrida dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Pertanian dan Pangan. Meski demikian, belum sepenuhnya bantuan itu tersalurkan.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Nevi Setiabudi Ningsih mengatakan, tahun ini pihaknya mendapat bantuan benih padi non hibrida untuk lahan seluas 7 ribu hektare. Memasuki akhir September 2018 ini, bantuan yang tersalurkan ke kelompok tani baru 3 ribu hektare.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapat bantuan benih padi non hibrida untuk lahan 7 ribu hektare. Tapi kita masih bisa salurkan yang 3 ribu hektare,” kata Nevi, Senin (17/09).

Sebanyak 4 ribu hektare lainnya, lanjut Nevi, saat ini masih diproses di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur. Menurutnya, untuk bantuan benih padi non hibrida ini disalurkan sesuai dengan varietas yang sebelumnya telah diajukan oleh kelompok tani.

“Sebelumnya, jenis padi yang diberikan sesuai dengan usulan kelompok tani. Dan kalau penyalurannya, dilakukan secara bertahap,” pungkasnya.

Nevi Setyobudi menambahkan, pihaknya berharap sebelum akhir tahun 2018 ini pendistribusian bantuan benih padi bisa tersalurkan semuanya. “Ini kan sudah masuk akhir September, jadi agar penyalurannya lancar, kita harap sisanya segera bisa turun,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Nevi Setiabudi Ningsih, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment