24.338 KPM di Blitar Terima Bantuan Rasidi

ADAKITANEWS, Blitar – Bantuan beras bersubsidi (Rasidi) yang didapatkan ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berasal dari Provinsi Jawa Timur. Program tersebut merupakan program Gubernur Jawa Timur, Soekarwo untuk percepatan penanggulangan kemiskinan di wilayahnya.

Kasi Pengelolaan Bantuan Stimulan Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Nasiatin mengatakan, jumlah total KPM yang mendapat bantuan beras bersubsidi totalnya ada 24.338 KPM, dan akan disalurkan sebanyak dua tahap.

“Untuk tahap pertama pada Juni lalu yang diberikan kepada 23.000 KPM, dan tahap kedua diberikan pada September kepada 1.338 KPM,” kata Nasiatin, Rabu (14/11).

Nasiatin menjelaskan, bantuan Rasidi berupa beras 10 kilogram dengan biaya tebus senilai Rp 16 ribu. Dengan harga tebus ini dipastikan akan sangat meringankan masyarakat kurang mampu.

Untuk data penerima bantuan ini, mengacu pada data basis terpadu. Dimana penerima bantuan sudah ditentukan langsung oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Kita tinggal membagikannya. Karena data penerima sudah diberikan langsung dari Provinsi,” ujarnya.

Nasiatin menambahkan, program ini baru diberlakukan pada 2018 ini. Sebab program bantuan ini merupakan kewenangan dan tergantung kebijakan dari Gubernur Jatim.(fat/wir)

Keterangan gambar: Nasiatin, Kasi Pengelolaan Bantuan Stimulan Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment