22 Bakal Calon DPD RI Jatim Dinyatakan Belum Memenuhi Syarat

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 31 orang telah melakukan pendaftaran menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) periode 2019 – 2024. Saat ini, proses pencalonan ini memasuki tahap perbaikan persyaratan bakal calon anggota DPD RI Jatim.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan, Lukman Hakim mengatakan, dari 31 calon yang mencalonkan DPD RI di daerah pilhan Jawa Timur, masih ada 9 calon yang sudah memenuhi syarat. Hal itu diketahui setelah dilakukan penelitian administrasi, klarifikasi, dan kemudian dilanjutkan dengan verifikasi faktual.

“Jadi saat ini masih ada 22 calon yang belum memenuhi syarat dukungan dan mereka masih akan melakukan perbaikan. Dalam perbaikan disini adalah perbaikan pada administrasi dukungan yang nanti akan dilakukan pada waktu yang telah ditentukan dalam tahapan,” kata Lukman di kantornya, Selasa (10/07).

Lebih lanjut Lukman menjelaskan, syarat administrasi umum meliputi berkas pribadi maupun berkas dukungan. Untuk berkas dukungan, setiap calon DPD dengan jumlah penduduk diatas 10 juta, maka perorang harus mempunyai dukungan minimal 5 ribu yang tersebar di 19 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Menurutnya, semua data yang diterimanya dari Provinsi, karena setiap calon menyerahkan dukungannya ke Provinsi. “Jadi data yang di Provinsi diturukan di daerah, kita yang melakukan verifikasi faktual kaitannya dengan syarat dan ketentuan mulai dari status dan lain sebagainya,” jelasnya.

Lukman menambahkan, untuk lolos tidaknya pencalonan ini ditentukan oleh kelengkapan persyaratan data fisik yang dibutuhkan.(fat/wir)

Keterangan gambar: Lukman Hakim, Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment