19 Orang Pelanggar Prokes Terjaring Operasi Yustisi

ADAKITANEWS, Lamongan – Petugas gabungan dari unsur Polri, TNI dan dinas terkiat menggelar operasi yustisi penegakan perda protokol kesehatan dengan menyasar di tempat kerumunan masa, Jumat (08/01).

Saat ini Kabupaten Lamongan masuk berstatus zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penyebaran virus Corona. Peningkatan status Lamongan tersebut tak lepas dari terus terjadinya kasus baru penularan Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Pantauan Tim Adakita.news, dalam operasi yustisi yang digelar selama satu jam tersebut petugas gabungan menyasar di dua tempat yakni Alun – Alun dan Pasar Kota Lamongan. Petugas menegur dan memperingatkan untuk selalu menggunakan masker dan jaga jarak.

Kaurmintu Satlantas Polres Lamongan Iptu Anang menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Operasi Yustisi ini demi menyadarkan masyarakat akan pentingnya menta’ati protokol kesehatan ini mengacu pada penegakan.

“Yakni penegakan Perda Nomor 2/2020 tentang perubahan atas Perda Prov Jatim Nomor 1/2019 tentang penyelenggaraan Trantibum dan Linmas,” terangnya.

Masih kata Anang dalam kegiatan yang di lakukan pada hari ini dengan sasaran tempat Operasi Yustisi yakni menyisir di dua lokasi yaitu Alun-alun dan Pasar kota Lamongan dengan pelanggaran penindakan Tipiring (tindakan pidana ringan) nihil, sanksi sosial nihil, teguran tertulis sebanyak 1 pelanggar, pelanggar yang dilakukan dengan teguran lisan sebanyak 18 pelanggar.

“Adapun jumlah pelanggar secara keseluruhan sebanyak 19 pelanggar,” ungkapnya.

Anang menambahkan, dari hasil tersebut petugas selalu mengimbau sekaligus menegaskan kepada masyarakat supaya tetap menjaga ketertiban dengan selalu mentaati protokol kesehatan (prokes) dengan gerakan 3M, memakai masker, mencuci tangan pakek sabun dan Handsanitizer, menjaga jarak (physical distancing).

“Kami tidak akan berhenti melakukan tugas mengedukasi serta, mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan supaya virus covid-19 bisa kita cegah penularannya,” pungkasnya.(prap)

Keterangan gambar: Kaurmintu Satlantas Polres Lamongan Iptu Anang saat menegur masyarakat.(ist)

Related posts

Leave a Comment