1.800 Personel Disiapkan Jelang Pengesahan Warga Baru PSHT

ADAKITANEWS, Tulungagung – Polres Tulungagung rencananya bakal mengerahkan 1.800 personel untuk pengamanan ritual pegesahan atau sah-sahan warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pada Minggu (01/10) malam nanti. Agar acara berjalan secara khidmad, polisi juga meminta pihak-pihak yang tidak ada kaitannya dengan ritual sah-sahan, untuk tidak melakukan arak-arakan selama acara berlangsung.

Acara sah-sahan ini biasanya juga menjadi ajang silaturahmi. Tidak heran anggota perguruan silat yang hadir bisa mencapai ribuan orang. “Dalam acara ini kami setidaknya menerjukan personel sebanyak 1.800 orang yang terdiri dari Kepolisian Resort Tulungagung, Brimob, TNI, Dalmas Polda dan Polres samping Rayon 4, Dishub, Satpol PP, Pamter PSHT, Dinkes dan Sat Gas Guyub,” kata Kabagops Polres Tulungagung, Kompol Mohammad Khairil.

Lanjut Kompol Khairil, sesuai kesepakatan dengan panitia acara sah-sahan warga perguruan PSHT, yang juga disaksikan pengurus ranting PSHT, disepakati tidak ada arak-arakan kendaraan roda dua. Jika ada yang akan bersilaturahmi, maka harus dengan kendaraan roda empat, agar dapat berjalan secara tertib.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Cabang PSHT Tulungagung, Zaini Pasya, mengatakan persiapan dari panitia sudah matang. Selain pengamanan dari aparat keamanan, pihak pengurus perguruan juga telah menyiapkan pengamanan internal sebanyak 300 personel Pamter PSHT.

“Untuk kelancaran acara, kita telah memperketat pengamanan. Kita juga sudah sepakat bahwa tidak ada penggembira yang mengendarai sepeda motor,” kata Sekretaris Pengurus Cabang PSHT TUlungagung, Zaini Pasya.

Pada tahun ini rencananya yang akan mengikuti sah-sahan ada sebanyak 905 anggota. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan di Lapangan Kauman, Kecamatan Kauman Tulungagung.

Tambah Zaini, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada pihak keamanan yang turut mengamankan acara ritual sah-sahan tersebut. Melihat dari jumlah personel yang diterjunkan hampir setara dengan pengamanan Pilkada, diharapkan acara berlangsung tertib dan aman, apalagi akan ada pengawalan dari petugas hingga tingkat ranting-ranting.(ta1)

Keterangan gambar : Rapat Koordinasi Pengamanan yang berlangsung di Mapolres Tulungagung.(ist)

Related posts

Leave a Comment