Taman Sekartaji, Taman Tanpa Asap Rokok

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar akhirnya meresmikan satu lagi taman kota di wilayahnya, Selasa (26/09) malam. Taman tersebut yakni Taman Sekartaji, taman bebas asap rokok, yang berada di kawasan Kecamatan Mojoroto.

Walikota yang akrab disapa Mas Abu itu mengatakan, Taman Sekartaji yang dibangun sejak tahun 2016 lalu tersebut memang sengaja baru diresmikan hari itu. Alasannya, Pemkot ingin melihat terlebih dahulu respon masyarakat terhadap keberadaan taman di Kota Kediri.

“Ini memang baru kita resmikan sekarang. Karena kita mau melihat dulu bagaimana respon masyarakat. Sembari kita mem-planning-kan ke depan kurangnya apa. Nah sekarang kita jadi semakin tahu bahwa kebutuhan masyarakat seperti apa. Contohnya masyarakat yang ke sini (Taman Sekartaji,red), menginginkan taman ini bebas asap rokok,” ujarnya saat diwawancarai usai peresmian.

Lantaran adanya keinginan tersebut, Pemkot akhirnya membebaskan area tengah Taman Sekartaji sebagai area bebas asap rokok. “Tapi kita juga menyediakan smoking areanya di sini (di sisi sebelah timur taman),” imbuhnya.

Tak hanya mewujudkan keinginan masyarakat tentang taman bebas asap rokok, Pemkot Kediri juga mengaku akan terus mengembangkan fasilitas serta sarana dan prasarana di taman yang berukuran luas sekitar 5.832 meter persegi tersebut. Diantaranya area baca atau perpustakaan, rekreasi, arena bermain, olahraga, tempat mengasah kreativitas, bahkan hingga pusat kuliner.

Mas Abu juga mengaku bangga dengan respon masyarakat tentang keberadaan Taman Sekartaji tersebut. Salah satunya di jam-jam tertentu, yang nampak banyak mahasiswa serta pelajar yang berdiskusi di area taman. “Ada wifi di sini, mereka bisa buka laptop dan berdiskusi di sini,” ujarnya.

Meski disuguhi dengan berbagai keindahan serta kenyamanan fasilitas, Mas Abu tetap memberikan pesan kepada seluruh pengunjung taman untuk bersama-sama menjaga kondisi Taman Sekartaji. Salah satunya soal kebersihan dan perilaku. “Jangan sampai taman ini dipakai untuk mabuk atau pacaran,” tegasnya.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar bersama jajaran Forkopimda saat peresmian Taman Sekartaji.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment