Sempat Ada Interupsi, KPU Kota Kediri Akhirnya Tetapkan DPT

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjelang pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Walikota Kediri, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018.

Penetapan DPT tersebut dilakukan dalam rapat pleno yang digelar di Rumah Pintar Pemilu (DPP) Kantor KPU Kota Kediri, yang dihadiri berbagai pihak terkait termasuk Panwaslu Kota Kediri hingga tim pemenangan masing-masing calon, Rabu (18/04) malam.

Ketua KPU Kota Kediri, Abdul Rofiq mengatakan, jumlah DPT yang ditetapkan yakni sebanyak 199.271 pemilih. Rinciannya, laki-laki sebanyak 97.885 pemilih, dan perempuan sebanyak 101.386 pemilih.

“Jumlah DPT itu berkurang dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelumnya yang berjumlah 201.456 pemilih. Jadi berkurang 2.185,” katanya.

Agus Rofiq menjelaskan, berkurangnya jumlah DPT dari data awal DPS tersebut dikarenakan beberapa hal. Diantaranya adanya pemilih yang meninggal dunia, hingga temuan data ganda.

Meski sempat ada interupsi dari salah satu tim pemenangan pasangan calon, DPT untuk pemilukada 2018 akhirnya mendapat persetujuan dari seluruh pihak hingga akhirnya berhasil ditetapkan.

“Tadi ada interupsi karena salah satu tim pasangan calon itu, belum membaca perubahan rekap data yang dari PPK di tingkat kecamatan. Tapi setelah dijelaskan datanya, akhirnya semuanya sepakat,” tambahnya.

Untuk diketahui, rincian dari rekap DPT yang telah ditetapkan pada malam itu, untuk Kecamatan Kota ada total 62.724 pemilih, Kecamatan Mojoroto ada 75.649 pemilih, dan Kecamatan Pesantren ada 60.898 pemilih.(adv/kpu.kotakediri/kur)

Keterangan gambar: Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq (tengah) didampingi komisioner KPU Kota Kediri saat memimpin rapat pleno penetapan DPT.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment