Salurkan APBD Pro Rakyat, Pemkot Blitar Bagikan Seragam Gratis Bagi Siswa TK

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Sebanyak 603 anak dari 17 Taman Kanak-kanak (TK) Negeri di Kota Blitar mendapatkan seragam gratis dari Pemerintah Kota Blitar. Pembagian seragam gratis dilakukan secara simbolis oleh Wakil Walikota Blitar, Santoso kepada beberapa anak TK di gedung Kusuma Wicitra Kota Blitar, Senin (13/08).

Pada pembagian seragam gratis ini, setiap anak menerima tiga setel pakaian sekolah, yakni baju putih, baju batik hitam, dan kaos olahraga. Selain itu mereka juga menerima peralatan sekolah seperti tas dan lain-lain.

Wakil Walikota Blitar, Santoso mengatakan, pemberian seragam gratis ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Blitar dalam memajukan pendidikan melalui APBD Pro Rakyat. “Jadi yang merasakan APBD Pro Rakyat tidak hanya siswa SD dan SMP saja, tapi program ini juga untuk siswa TK dan PAUD,” kata Santoso usai membagikan seragam.

Lebih lanjut Santoso menjelaskan, pembagian alat kelengkapan sekolah gratis diharapkan bisa meringankan beban orang tua sebagai wali murid. Terlebih saat ini pendidikan jenjang SMA/SMK kewenangannya ditarik ke provinsi.

“Kadang-kadang kan ada orang tua yang selain menyekolahkan anak-anaknya di TK juga menyekolahkan anaknya di tingkat SD, SMP dan SMA. Jadi kita ketahui bersama saat ini SMA/SMK dikelola oleh pemerintah provinsi. Harapan kami bantuan ini bisa sedikit meringankan beban wali murid,” jelas Wawali.

Bantuan seragam gratis bagi murid TK dan PAUD, kata Santoso, merupakan program rutin setiap tahun. Ia juga berharap pemberian seragam gratis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Bumi Bung Karno.

“Kami menyadari Kota Blitar kurang memiliki sumber daya alam (SDA) yang dapat diolah menjadi pendapatan daerah. Maka dari itu, Pemkot Blitar berusaha mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia (SDM),” ujar Santoso.

Ditegaskannya, program pendidikan gratis ini terus akan dikembangkan agar memiliki nilai manfaat besar bagi masyarakat. Menurutnya, pendidikan adalah investasi untuk mencapai kesejahteraan. Pendidikan baik formal maupun non formal adalah senjata ampuh untuk melawan kemiskinan dan keterbelakangan.

Pemkot Blitar senantiasa konsisten untuk meletakkan pendidikan sebagai bidang prioritas dalam pembangunan daerah. Santoso menganggap keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan akan banyak ditentukan sejauh mana kualitas manajemen pendidikan di kota itu.

“Saya percaya pendidikan merupakan salah satu sarana meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui pendidikan, kita dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kota Blitar untuk saat ini dan masa-masa mendatang,” terangnya.(adv/hms/fat/wir)

Keterangan gambar: Pembagian seragam kepada siswa TK oleh Wakil Walikota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment