Rp 4,6 M Anggaran Padat Karya, Sepertiganya Untuk Pekerja

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri saat ini tengah menyelenggarakan program padat karya yang melibatkan masyarakat. Dari total anggaran sebesar Rp 4,6 miliar, hampir sepertiganya atau sekitar Rp 1,4 miliar dialokasikan untuk gaji pekerja.

Program padat karya tersebut seolah menjadi angin segar bagi masyarakat, terutama di masa pandemi. Mereka yang saat ini kesulitan dalam perekonomian akibat imbas penyebaran covid-19, diantaranya kehilangan pekerjaan atau sepinya pendapatan, bisa ikut serta dalam program padat karya dan mendapatkan upah.

“Dampak penyebaran covid-19 merata dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Terlebih mereka yang termasuk golongan menengah ke bawah. Program ini sangat membantu sekali bagi masyarakat, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini,” kata Kepala DLHKP Kota Kediri, Didik Catur.

Dari 51 kegiatan yang tercover dalam program padat karya, DLHKP telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,6 miliar. Dan dari total anggaran tersebut, sebanyak Rp 1,4 miliar adalah untuk gaji para pekerja.

“Pekerja bekerja normal selama 8 jam per hari, dalam waktu 6 hari selama 1 minggu. Gajinya sesuai dengan HPS di setiap titik kegiatan,” imbuhnya.

Titik-titik kegiatan tersebut, kata Didik, diantaranya adalah perbaikan taman kota, perbaikan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS), hingga perbaikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Ada pengecatan taman-taman, perbaikan TPS dan TPA, pembangunan musala, dan lain-lain,” tambahnya.

Didik berharap kegiatan ini bisa membantu meringankan beban perekonomian masyarakat selama masa pandemi, serta untuk mendorong masyarkat agar terus menerapkan protokol kesehatan.(adv/dlhkp.kotakdr/kur)

Keterangan gambar: Pengecatan area BMX Taman Brantas Kota Kediri.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment