Rapat Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

ADAKITANEWS, Kediri – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 bersama DPR RI dan DPD RI, di Ruang Graha Sabha Chandha Bhirawa, Jumat (14/08) pagi.

Rapat hanya dihadiri secara fisik langsung oleh Pimpinan DPRD, para Ketua Fraksi, Ketua Komisi, Ketua Badan Kehormatan, Ketua Badan Pembentukan Perda, dan hanya mengundang Bupati dan Wakil Kediri, serta Anggota Forkopimda Kabupaten Kediri. Sementara para Anggota DPRD Kabupaten Kediri lainnya mengikuti rapat paripurna istimewa ini via video conference di rumah masing-masing.

Ketua Rapat Paripurna Istimewa, Dodi Purwanto yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Kediri hadir bersama dengan Drs H Sentot Djamaluddin dan Muhaimin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri. Dodi berharap meskipun Rapat Paripurna Istimewa kali ini dilaksanakan secara sederhana dan terbatas dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19, tidak akan mengurangi esensi dan kesakralan momentum peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dodi memaparkan, tema besar peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 yaitu “INDONESIA MAJU, BANGGA BUATAN INDONESIA”. Tema ini merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia, sekaligus sebagai upaya menumbuhkan kembali kecintaan warga negara pada produk dalam negeri.

Tema tersebut sangat tepat dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini, yang terus berusaha bangkit dari pandemi covid-19 yang tidak hanya telah menghancurkan aspek kesehatan manusia saja, tapi juga telah menghancurkan tatanan sosial ekonomi seluruh lapisan masyarakat.

Para pelaku usaha, petani, nelayan, pedagang, buruh, industri, swasta dan UMKM dalam negeri sangat terpukul oleh dampak pandemi ini. “Mari kita manfaatkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesai ke-75 ini, sebagai momentum untuk bangkit bersama, dengan menumbuhkan kembali kecintaan untuk menggunakan produk-produk dalam negeri, sebagai upaya nyata kita bersama untuk segera bangkit dari pandemi ini,” terangnya.

Mengakhiri sambutan, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut juga menyampaikan kembali pesan Bung Karno, Bapak Proklamator dan Presiden RI Pertama, bahwa Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang Besar, dan Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Para Pahlawannya. “Jangan sekali-kali kita melupakan sejarah, karena sejarah membuktikan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia bukanlah sebuah hadiah dari negara lain, tapi merupakan hasil perjuangan panjang para pahlawan, bersama seluruh rakyat Indonesia. Merdeka!!Merdeka!!,” pekik Dodi.(adv/dprdkabkediri/*/kur)

Keterangan gambar: Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kediri.(ist)

Related posts

Leave a Comment