Puncak Perayaan HUT RI ke-73, Pemkot Blitar Gelar Wayang Kulit

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pegelaran Wayang Kulit dilakukan Pemerintah Kota Blitar di halaman Kantor Walikota Blitar dalam rangka resepsi hari ulang tahun Republik Indonesia ke-73, Kamis (30/08). Pada pagelaran wayang kulit ini, mengusung lakon Bima Kridha dengan besutan dalang kenamaan asal Ngadirejo Kota Blitar, Ki Rudi Gareng.

Selain pagelaran wayang, panitia menyiapkan banyak doorprize menarik bagi penonton. Pagelaran wayang juga semakin meriah dengan penampilan bintang tamu Joni dan Lek Dul, dari salah satu radio asal Kediri.

Pentas wayang kulit yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut mendapat sambutan sangat meriah dari masyarakat Kota Blitar. Terbukti, sejak pukul 19.00 WIB masyarakat banyak yang sudah memenuhi halaman Kantor Walikota.

Wakil Walikota Blitar, Santoso menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat dan jajaran OPD Kota Blitar yang telah memeriahkan rangkaian acara HUT RI di Kota Blitar. “Kita harus bangga karena momentum memperingati HUT RI selalu gegap gempita. Baik yang diselenggarakan oleh pemerintah kota maupun yang digelar masyarakat mulai dari tingkat RT, RW, tingkat kelurahan hingga kecamatan,” kata Santoso.

Menurut Santoso, pagelaran wayang kulit ini sebagai puncak resepsi HUT RI juga disambut baik oleh warga Bumi Bung Karno. Santoso juga mengaskan, kesenian wayang kulit yang diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia, perlu dijaga dan dilestarikan bersama.

“Makanya saya sangat bangga melihat tingginya antusiasme masyarakat Kota Blitar menyaksikan wayang kulit,” pungkasnya.

Santoso menambahkan, memperingati HUT RI merupakan salah satu cara bagi warga Negara Indonesia untuk mengisi kemerdekaan. Suksesnya peringatan HUT RI menjadi bukti bahwa masyarakat Kota Blitar sadar akan jerih payah perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Pesan saya kepada para generasi muda Kota Blitar berkaryalah bagi bangsa dan Negara. Warga Kota Blitar adalah warga yang cinta damai. Cetaklah prestasi membanggakan seperti para pahlawan kita yang meraih medali emas di ajang Asian Games,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT RI Kota Blitar Tahun 2018, Juari mengucap syukur seluruh rangkaian kegiatan HUT RI Kota Blitar tahun ini sukses digelar. Peringatan HUT RI ditutup dengan pagelaran Wayang dengan harapan menjaga negara tak hanya berbentuk geografi namun juga melalui melestarikan kebudayaan.

“Kegiatan HUT RI digelar sebagai wujud syukur kepada tuhan atas nikmat kemerdekaan yang dapat kita rasakan bersama. Sekaligus wujud syukur sukses dan lancarnya rangkaian acara HUT RI di Kota Blitar,” ucap Juari.

Sebagaimana diketahui, rangkaian kegiatan HUT RI di Kota Blitar diisi dengan beragam kegiatan. Mulai dari lomba inovasi teknologi, baris berbaris tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan umum. Kemudian lomba futsal antar instansi, lomba kawasan rumah pangan lestari, lomba makan kerupuk, lomba memasukkan paku kedalam botol, lomba balap kelereng, dan lomba menyungging tampa. Pemkot Blitar juga menggelar karnaval Pawai Kebangsaan yang berlangsung meriah dan menjadi tontonan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat.

“Kegiatan yang digelar juga bertujuan menggelorakan kembali semangat nasionalisme, patriotisme, religius dan wawasan kebangsaan serta meneladani semangat perjuangan pahlawan kusuma bangsa. Dan juga meneladani semangat kegotongroyongan sesuai semangat One For All All For One. Sekaligus menumbuhkembangkan semangat ekonomi kreatif warga Kota Blitar,” paparnya.

Dalam acara ini Pemkot Blitar juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba HUT RI ke-73. Acara juga diisi dengan pentas seni tari-tarian oleh pelajar Kota Blitar.(hms/fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana pagelaran wayang kulit.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment