Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2019

ADAKITANEWS, Kediri – Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 digelar di Graha Sabbha Canda Bhirawa DPRD Kabupaten Kediri, Selasa (07/07) siang.

Rapat paripurna kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat, yaitu hanya dihadiri secara fisik langsung oleh 2 Pimpinan DPRD, para Ketua Fraksi, Ketua Komisi serta Ketua Badan Kehormatan dan Ketua Badan Pembentukan Perda serta juru bicara fraksi-fraksi. Sedangkan 2 orang Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten Kediri lainnya mengikuti rapat paripurna via video conference di rumah masing-masing.

Sementara itu peserta rapat paripurna dari pihak Pemkab Kediri yang hadir langsung yaitu Wakil Bupati Kediri, Sekretaris Daerah bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah, sedangkan para kepala SKPD mengikuti rapat paripurna ini melalui video conference di ruang kerja masing-masing.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Muhaimin. Dodi menjelaskan, agenda rapat paripurna ini merupakan melanjutkan pembahasan atas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 yang memasuki pembicaraan tingkat pertama bagian kedua yang berisikan pemandangan umum tujuh fraksi terhadap penjelasan bupati Kediri atas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 yang telah disampaikan pada rapat paripurna sebelumnya.

Dalam rapat paripurna ini masing-masing fraksi di DPRD Kabupaten Kediri menggunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk menyampaikan pemikiran kritisnya baik berupa saran, masukan, usulan bahkan kritik terhadap pemerintah daerah guna penyempurnaan draf rancangan peraturan daerah yang disampaikan ke DPRD sebelum dilakukan pembahasan bersama antara DPRD dan pemerintah daerah.

“Dalam rapat paripurna ini tujuh fraksi yang menyampaikan pemandangan umum fraksinya secara bergantian yaitu F-PDI-Perjuangan, F-PKB, F-Partai Golkar, Fraksi PAN, Fraksi Partai Gerindra, F-Partai Nasdem, dan Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan,” ujarnya.

Setelah semua fraksi selesai menyampaikan pemandangan umum fraksinya dalam rapat paripurna ini, selanjutnya pimpinan rapat menutup rapat untuk memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk menyusun jawaban pemerintah daerah atas pemandangan umum fraksi terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 untuk disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD tahap berikutnya.(adv/dprdkabkediri/*/kur)

Keterangan gambar: Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kediri dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019.(ist)

Related posts

Leave a Comment