Penjabat Bupati Nganjuk Dilantik

ADAKITANEWS, Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo melakukan pengambilan sumpah jabatan dan melantik secara langsung Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Drs Sudjono MM, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (04/04).

Pelantikan Drs Sudjono sebagai Pj Bupati Nganjuk dilakukan setelah massa jabatan Plt Bupati Nganjuk, KH Abdul Wachid Badrus, MPdi dan Plh Bupati Nganjuk, Ir Agoes Soebagijo berakhir.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan dari Kemendagri oleh Kepala Biro Pemerintahan, Anom Surahman, SH, M.Si, tentang pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati serta pengangkatan Penjabat Bupati.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan Pj Bupati Nganjuk beserta Gubernur Jawa Timur, selanjutnya penyematan tanda pangkat dari Gubernur Jawa Timur kepada Pj Bupati.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur atau yang akrab disapa Pakde Karwo itu menyampaikan bahwa permasalahan terhadap pelayanan publik saat ini menjadi yang utama. Untuk itu diharapkan kepada Penjabat Bupati yang baru saja dilantik agar kedepannya melakukan pemberdayaan masyarakat, serta mengajak masyarakat dalam pengambilan keputusan mengenai permasalahan pelayanan publik. Nantinya, hal itu dapat dijalankan dengan teknologi atau IT dalam pelaksanaannya.

Pakde Karwo juga menyampaikan apresiasinya kepada Plt Bupati Nganjuk, KH Abdul Wachid Badrus yang telah memasuki purna tugas, dan anggota Forkopimda Kabupaten Nganjuk atas pengabdiannya selama ini. Ia pun berpesan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Ir Agoes Soebagijo, sebagai pimpinan tertinggi birokrasi untuk tetap netral dalam penyelenggaraan Pilkada serentak bulan Juni 2018 mendatang.

Pakde Karwo menambahkan, kepada Penjabat Bupati diminta untuk melaksanakan tugas sebagai kepala daerah dengan sebaik-baiknya. Diantaranya tetap menjaga komunikasi dengan seluruh anggota Forkopimda, DPRD, TNI, Polisi, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, serta menyukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan menjaga netralitas setiap ASN. “Dan dilarang mutasi pejabat, kecuali ada izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” katanya.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan surat keputusan Plt Ketua Tim Penggerak PKK dan Plt Ketua Dekranasda oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur.

Selain melantik Penjabat Bupati Nganjuk, Drs Sudjono, MM, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur juga melantik Penjabat Bupati Tulungagung, Dr H Jarianto, M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat Bupati Nganjuk tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Ir Agoes Soebagijo, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Drs Puji Santoso, Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Arh Sri Rusyono, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nganjuk.(adv//hms/*/kur)

Keterangan gambar: Pelantikan Pj Bupati Nganjuk, Drs Sudjono oleh Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo.(ist)

Related posts

Leave a Comment