Penghargaan Bagi Pelaku Seni dan Budaya di Hari Sumpah Pemuda

ADAKITANEWS, Nganjuk – Banyak cara dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Nganjuk, yang sengaja memberikan perhatian lebih bagi para pelaku seni dan budaya, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di tahun 2018 ini.

Pemkab Nganjuk memberikan penghargaan kepada puluhan pelaku seni dan budaya. Mereka terdiri dari para pelaku seni pedalangan, waranggana, perajin wayang kayu, pemain ludruk, dan lainnya.

Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat dalam pidatonya menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tak hanya itu, dengan semangat Sumpah Pemuda, diharapkan Indonesia bisa terus melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita semua telah berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” ujar Bupati Nganjuk saat membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di GOR Bung Karno, Begadung Nganjuk, Senin (29/10).

Bupati menyampaikan, pemerintah daerah sengaja memberikan penghargaan kepada para pemuda Nganjuk yang berprestasi dalam bidang seni dan budaya, pekerja sosial, serta karang taruna. Tujuannya adalah agar para pelaku seni budaya tersebut bisa lebih meningkatkan kompetensinya untuk bersama-sama membangun Nganjuk lebih baik.

Salah satunya penghargaan diberikan kepada Akbar Syah Alam, seorang dalang muda yang ikut mengharumkan nama Kabupaten Nganjuk hingga tingkat nasional.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat saat memberikan penghargaan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2018.(ist)

Related posts

Leave a Comment