Pemkab Nganjuk Rancang Paket Desa Wisata Terintegrasi Selingkar Wilis Selatan

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pengembangan sektor pariwisata intensif terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Salah satunya dengan terus mengenalkan wisata alam bagian dari Selingkar Wilis Selatan.

Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat mengatakan, dengan upaya yang terus dilakukan oleh pemerintah tersebut diharapkan Kabupaten Nganjuk nantinya bisa menjadi salah satu gerbang pengembangan pariwisata Selingkar Wilis Selatan, sekaligus mengangkat potensi destinasi alam Kabupaten Nganjuk yang masih alami.

“Mulai dari tujuh air terjun berjajar, dan banyak wisata alam yang akan menjadi ikon di wilayah barat Jawa Timur dan akan menjadi destinasi alam di Selingkar Wilis Selatan,“ kata Bupati yang akrab disapa Mas Novi itu.

Mas Novi menambahkan, kini Pemkab Nganjuk sedang berupaya menumbuh kembangkan Desa Wisata di Kabupaten Nganjuk. Dengan adanya Desa Wisata yang berdiri, maka bisa diintegrasikan menjadi satu desa kesatuan untuk ditawarkan menjadi satu paket wisata.

“Seperti desa penghasil buah durian, desa penghasil buah alpukat, desa penghasil buah duku dan sebagainya bisa dijadikan satu paket destinasi wisata. Dan itu nantinya bisa menjadi ciri khas wisata alam di Kabupaten Nganjuk,“ imbuhnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, beroperasinya jalan tol Trans Jawa juga akan dimanfaatkan Pemkab Nganjuk untuk menarik kunjungan wisatawan. Hal itu dilakukan melalui pengembangan kawasan segitiga emas Pariwisata Utama di Kabupaten Nganjuk.

Segitiga emas wisata utama Kabupaten Nganjuk tersebut yakni obyek wisata air terjun Sedudo, obyek wisata Selo Park, dan obyek wisata Semantok. “Dari ketiga obyek wisata utama di Nganjuk itu masih ada satu yang sedang dibangun yaitu waduk Semantok. Kami targetkan tahun 2021 waduk Semantok sudah bisa diresmikan,“ kata Marhaen.

Menurut Marhaen, selain segitiga emas ada juga sejumlah obyek wisata pendamping yang akan ikut dikembangkan dan dipromosikan. Diantaranya seperti obyek wisata Roro Kuning.

“Dengan demikian, nantinya wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Nganjuk akan banyak pilihan untuk wisata. Inilah mengapa saat ini kami terus mengkaji dan melakukan promosi pariwisata di Kabupaten Nganjuk yang tak kalah menariknya dengan daerah lain, “ jelasnya.(adv/hms/*/kur)

Keterangan gambar: Air terjun Sedudo.(google.com)

Related posts

Leave a Comment