Musrenbang Kabupaten Kediri: Tingkatkan Daya Saing Perekonomian Daerah

ADAKITANEWS, Kediri – Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2021. Acara yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda serta Kepala OPD se-Kabupaten Kediri ini digelar di Gedung Convention Hall Simpang Lima Gumul, Rabu (11/03).

Musrenbang RKPD merupakan rangkaian proses perencanaan sebagaimana amanat UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU Nomor 23 tahun 2014 yang telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah serta beberapa peraturan teknis lainnya.

Musrenbang RKPD telah melalui proses dari Musrenbang Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga pusat. Untuk Musrenbang tahun ini, mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Perekonomian Daerah Didukung oleh Pembangunan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia”.

Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno menyampaikan bahwa prioritas pembangunan Kabupaten Kediri tahun 2021 yaitu pemerataan aksebilitas dan kualitas insfrastruktur pendukung perekonomian yang berdaya saing dengan memperhatikan lingkungan hidup dan kerentanan bencana.

Kemudian pembangunan ekonomi melalui penguatan sarana prasarana pendukung agribisnis, industri, perdagangan, pariwisata dan investasi. Selanjutnya peningkatan kualitas pelayanan dasar dengan didukung oleh penguatan penyelenggaraan pemerintahan yang profesional.

“Selain itu yang menjadi prioritas adalah stabilitas politik, ketentraman dan ketertiban dengan memperkuat moderasi beragama dan pelestarian nilai-nilai budaya lokal,” tambah Bupati.

“Keberhasilan pembangunan Kabupaten Kediri memerlukan dukungan dari semua pihak dan Saya menghimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pembangunan daerah,” imbaunya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kediri, Sukadi, SE, MM., menyampaikan, indeks pembangunan manusia di Kabupaten Kediri selama 3 tahun terakhir mengalami peningkatan. Dari semula 70,47 persen di tahun 2017, meningkat menjadi 71,07 persen pada tahun 2018, kemudian pada tahun 2019 menjadi 71,85 persen.

“Angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Kediri selama 3 tahun terakhir menunjukkan tren positif. Untuk harapan lama sekolah tahun 2017 sebesar 12,86, kemudian pada tahun 2018 sebesar 12,87 dan pada tahun 2019 menjadi 12,88 tahun. Sementara itu untuk rata-rata lama sekolah di Kabupaten Kediri tahun 2017 sebesar 7,65, pada tahun 2018 sebesar 7,68 dan pada tahun 2019 menjadi 8,01 tahun,” terangnya.

Dari segi pertumbuhan ekonomi mengalami kondisi yang fluktuatif. Secara garis besar pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kediri masih diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,03.

Sukadi menambahkan, berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Jawa Timur, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kediri mengalami penurunan dari 191 ribu jiwa pada tahun 2017 menjadi sebesar 177 ribu jiwa di tahun 2018 dan tahun 2019 menjadi 163 ribu jiwa atau 10,42 persen. Ada perubahan sebesar 0,89 persen dibanding tahun 2018.

Begitu juga dari tingkat pengangguran juga menunjukankan tren positif. Melalui program kegiatan job fair mampu menurunkan angka pengangguran mencapai 3,68 persen pada tahun 2019 bila dibandingkan tahun 2018 yaitu 4,25 persen.

“Keberhasilan pembangunan Kabupaten Kediri di tahun 2019 antara lain terbangunnya jalan Kabupaten Kediri sepanjang kurang lebih 50 kilometer yang tersebar di seluruh kecamatan, serta meningkatnya kualitas jalan Kabupaten Kediri sepanjang kurang lebih 102 kilometer yang tersebar di seluruh kecamatan. Serta peningkatan akses sanitasi dan air minum program pamsimas sejumlah 58 desa sasaran dari total 343 desa di Kabupaten Kediri,” urainya.

Selain itu, peningkatan kapasitas kelembagaan, pemeliharaan insfrastruktur irigasi dan peningkatan produktifitas pertanian melalui program IPDMI. Pembangunan RSUD Simpang Lima Gumul, rehab puskesmas dan pustu, dimana pada tahun 2019 telah merehab sebanyak 11 puskesmas dan pustu.

Pembangunan RPH (Rumah Pemotongan Hewan) dalam rangka meningkatkan ketersediaan dan akses pangan masyarakat, revitalisasi pasar Tiron dan Bendo, pemanfaatan Galeri Sentra Industri Kreatif (SIK) Papar sebagai pusat oleh-oleh dan edukasi, yang terakhir pembangunan RTH (Ruang Terbuka Hijau) yaitu RTH Papar dan Totok Kerot.(adv/kominfo/*/kur)

Keterangan gambar: Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno saat membuka acara Musrenbang Kabupaten Kediri 2021.(dok kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment