Musrenbang Kabupaten Kediri, Susun Strategi Bersaing di Level Nasional

ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD di Pendopo Panjalu Jayati, Rabu (05/05).

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan Musrenbang RPJMD bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Sebagaimana peraturan yang berlaku, paling lambat 6 bulan sejak dilantik maka dokumen RPJMD ditetapkan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan jangka menengah daerah 5 tahun kedepan,” jelas Mas Bup.

Musrenbang RPJMD, lanjutnya, juga bertujuan memperoleh masukan penyempurnaan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan terhadap rancangan RPJMD. Selanjutnya akan berubah menjadi rancangan peraturan daerah (Raperda) RPJMD.

“Berdasar capaian pembangunan dan isu strategis utama pembangunan di Kabupaten Kediri, maka visi pembangunan jangka menengah Kabupaten Kediri adalah “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Kediri yang maju, berkarakter nasionalis religius, serta sejahtera berdasarkan ekonomi kerakyatan yang didukung birokrasi yang melayani,” tambahnya.

Ada sembilan misi yang diusung dalam masa pemerintahan Mas Bup. Yakni pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter nasionalis religious, reformasi birokrasi dan pelayanan public, pengembangan ekonomi kerakyatan dan peningkatan investasi daerah, revitalisasi pertanian untuk ketahanan dan swasembada pangan, serta peningkatan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah.

Selain itu, ada juga optimalisasi kepariwisataan berbasis kearifan local, optimalisasi tata kelola lingkungan hidup, sumber daya alam dan mitigasi bencana, pengembangan seni budaya, olahraga dan kreatifitas pemuda, serta mewujudkan kemandirian desa untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap, dalam proses Musrenbang ini jajaran pemerintah dan seluruh komponen masyarakat dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan baik. Jika orientasinya adalah masyarakat, orientasinya adalah melayani dan membangun bersama, maka lima tahun kedepan Kabupaten Kediri dapat menjadi mercusuar di Jawa Timur. Serta bisa berlari kencang agar bisa bersaing di level nasional dan semakin maju,” pungkas Mas Bup.

Selain Bupati Kediri, hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kediri, Komandan Kodim Kediri, Kajari Kabupaten Kediri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri. Peserta yang hadir secara langsung di lokasi adalah kepala satker di lingkungan Pemkab Kediri. Sementara tergabung melalui zoom meeting yakni Camat se-Kabupaten Kediri.(*/kur)


Keterangan gambar: Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana.(kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment