Manfaatkan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Perekonomian

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kediri menggelar sosiaslisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Selasa (03/04). Sosialisasi kali ini, diikuti oleh masyarakat yang memiliki kelompok usaha, agar bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan perekonomian mereka.

Sosialisasi ini juga diselenggarakan dalam rangka mewujudkan peradaban masyarakat informasi. Dengan adanya sosialisasi pembentukan KIM, Pemerintah Kota Kediri berharap nantinya para anggota KIM bisa mengakses informasi dari berbagai sumber. Tidak hanya melalui media massa tetapi juga dari media yang berbasiskan teknologi informasi.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Ambar Sulistyorini yang saat itu menjadi narasumber acara menyampaikan, KIM merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat. “KIM sendiri menjadi wadah bagi masyarakat umum untuk melakukan kegiatan dalam mengatasi hambatan informasi,” katanya.

Tak hanya Ambar Sulistyorini, narasumber lain yakni Tri Eko Sulistyowati yang memiliki usaha kerupuk ikan asal Surabaya, juga menyempatkan diri berbagi pengalaman bersama 46 KIM kelurahan se-Kota Kediri.

“Pelajaran dari KIM membuat kami tidak perlu lagi berjualan dengan keliling sambil sambil berteriak-teriak. Tapi sekarang dengan menggunakan smartphone kita dapat berjualan dengan hasil yang cukup banyak,” ungkap pengasuh dan pengelola KIM Bahari Surabaya tersebut.

Dalam kesempatan itu Tri juga mengatakan bahwa publikasi melalui media daring saat ini sangat diperlukan. Menulis pun, katanya, juga tidak membutuhkan pelajaran khusus.

“Media sosial saat ini punya peran yang besar di seluruh kalangan masyarakat. KIM juga harus ikut andil memanfaatkan media sosial untuk ikut mengenalkan potensi yang ada di daerah masing-masing,” tambahnya.(adv/hms/*/kur)

Keterangan gambar: Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).(ist)

Related posts

Leave a Comment