KPU Kota Kediri Gelar Simulasi Pemungutan Suara

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 27 Juni mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar simulasi pemungutan suara di Halaman KPU Kota Kediri, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Selasa (29/05).

Simulasi tersebut, diperuntukkan bagi seluruh anggota PPS (Panita Pemungutan Suara) dan PPK (Panita Pemilihan Kecamatan) se-Kota Kediri, yang nantinya akan memberikan bimbingan teknis secara langsung kepada setiap KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

“Yang paling penting adalah agar seluruh anggota PPS dan PPK memahami tugas dan tanggung jawabnya. Karena nantinya, setiap anggota PPS harus bisa juga memberikan bimbingan teknis kepada KPPS,” kata Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq.

Dikatakan Agus Rofiq, nantinya akan ada sebanyak 3.395 KPPS yang disiapkan untuk mengawal pelaksaan pemungutan suara. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan pelaksanaan pemungutan suara di tiap-tiap TPS bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

“Setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), terdapat 7 orang KPPS. Kalau di Kota Kediri, ada 485 TPS. Jadi ada 3.395 KPPS yang kita siapkan untuk pemungutan suara nanti,” tambahnya.

Selain melakukan simulai setiap tahapan pemungutan suara, dalam simulasi tersebut juga dijelaskan fungsi dan tugas masing-masing anggota KPPS. Salah satunya petugas keamanan dari Linmas, yang disiapkan untuk mendampingi pemilih berkebutuhan khusus jika saat itu tidak didampingi oleh pihak keluarga.(adv/kpu.kotakediri/kur)

Keterangan gambar: Simulasi pemungutan suara di halaman kantor KPU Kota Kediri.(ist)

Related posts

Leave a Comment