Ketua DPRD Sampaikan Pokok-Pokok Pikiran Pada Musrenbang RKPD Tahun 2022

ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Kediri Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022 di Pendopo Panjalu Jayati Kabupaten Kediri.

Hadir langsung secara fisik pada acara Musrenbang ini Bupati Kediri, Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Kediri beserta para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kediri, Ketua Tim TPKK, Sekretaris Daerah beserta para Pimpinan SKPD. Sedangkan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur turut hadir secara virtual melalui video teleconferece. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diawali dengan laporan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kediri Tahun 2022 oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kediri.

Sebelum Bupati Kediri memberikan sambutan pengarahan sekaligus pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2022, terlebih dahulu Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur memberikan sambutan dan paparan tentang gambaran prioritas perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terutama yang berkaitan dengan perencanaan program pembangunan di Kabupaten Kediri. Pada kesempatan berikutnya Bupati Kediri menyampaikan sambutan pembukaan Musrenbang yang pada inti pokoknya disampaikan arah perencanaan pembangunan Kabupaten Kediri kedepan adalah pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 yang dilakukan melalui beberapa prioritas pembangunan yang salah satunya melalui pembangunan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan pertanian, UMKM, koperasi dan pariwisata.

Setelah penyampaian sambutan dan sekaligus pembukaan resmi Musrenbang secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Bupati Kediri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto menyampaikan Pokok-Pokok Pikiran DPRD pada acara Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini. “Pokok-Pokok Pikiran DPRD disusun dengan memperhatikan Visi, Misi dan Strategi Kepala Daerah, pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, hasil-hasil kegiatan pengawasan DPRD dan kegiatan reses selama tahun 2020-2021, serta masukan alat-alat Kelengkapan DPRD dan Fraksi”terang Dodi. Salah satu hal yang disampaikan dalam pokok-pokok pikiran DPRD adalah pemerintah daerah diharapkan aktif dalam membaca segala peluang investasi dan mendulang dampak positif atas pelaksanaan pembangunan konektivitas antar wilayah guna mendukung aktivitas perekonomian warga masyarakat Kabupaten Kediri.

Pada kesempatan ini, secara khusus Ketua DPRD meminta kepada pemerintah daerah agar ada kegiatan sosialisasi tentang apa saja yang menjadi kewenangan pemerintah desa, kewenangan pemerintah daerah kabupaten, kewenangan pemerintah provinsi dan kewenangan pemerintah pusat, agar kegiatan pembangunan mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan sesuai dengan kewenangan yang diatur undang-undang.(adv/dprdkabkediri/*/kur)


Keterangan gambar: Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto saat menghadiri agenda Musrenbang RKPD 2020.(ist)

Related posts

Leave a Comment